Pengaruh Teknologi Terhadap Dunia Otomotif

dunia otomotif

Membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan dunia otomotif tentu tak akan pernah ada habisnya. Sebab, perkembangan bidang otomotif dari waktu ke waktu selalu menarik untuk disimak. Bahkan berbagai kalangan pun tak pernah bosan untuk mencari tahu perkembangan bidang otomotif yang sedang berjalan. Apalagi saat ini berbagai bidang otomotif telah dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi yang kian meningkat, tentu saja ada banyak hal-hal baru yang selalu diciptakan dan inovasi bidang otomotif yang terus berkembang. Berikut ini rangkuman dari beberapa pengaruh teknologi seperti onderdil mobil terbaru terhadap bidang otomotif yang begitu luar biasa, antara lain:

  • Alarm mobil.

Sampai saat ini, teknologi yang diterapkan terhadap sistem kerja dan kecanggihan alarm mobil masih terus berkembang. Sensitivitas kerja alarm dan sensor yang digunakan semakin tajam sehingga keamanan kendaraan semakin meningkat dari tindak kejahatan seperti pencurian, pembobolan dan lain sebagainya. Tentu saja penemuan teknologi dalam bentuk alarm mobil sangat berguna bagi setiap pemilik kendaraan di manapun berada yang khawatir dengan tingginya tingkat kejahatan yang merajalela.

  • Stabilitas elektronik mobil.

Ketika berkendara, ada saja hal-hal tidak terduga yang mengharuskan Kita untuk membanting stir ke kiri atau ke kanan secara tiba-tiba, misalnya menghindari penyebrang jalan. Untuk menghindari resiko kecelakaan, beberapa kendaraan sudah memiliki teknologi stabilitas elektronik yang memungkinkan kendaraan untuk tetap stabil pada situasi tersebut. Kendali pada pengereman, pengurangan kecepatan dan lainnya akan diatur sedemikian rupa menggunakan sensor komputer yang bekerja sehingga resiko kecelakaan bisa ditangani dengan maksimal.

  • Automatic Vehicle Location.

Pengaruh teknologi terhadap dunia otomotif begitu besar, salah satunya yaitu dengan adanya AVL yang memanfaatkan teknologi GPS yang berkembang. Informasi dari satelit yang dikirim ke alat tersebut dapat memudahkan pengendara untuk mencari informasi lokasi dan berbagai informasi lainnya. Teknologi AVL berguna untuk mencari suatu lokasi atau alamat sekaligus menemukan alternatif jalan yang bisa ditempuh untuk menghindari kemacetan. Teknologi yang sangat cocok dimanfaatkan di kota-kota besar.

  • Pengontrol jarak.

Menunjang keamanan ketika berkendara, itulah salah satu fungsi teknologi yang berkembang dalam bidang otomotif di era modern seperti sekarang. Contoh nyata yang dikembangkan ialah teknologi pengontrol jarak. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko kecelakaan akibat tabrakan di jalan raya. Adanya sensor jarak aman yang dimiliki juga membuat pengemudi menjadi lebih merasa aman dan nyaman ketika memarkirkan mobilnya. Berkat teknologi pengontrol jarak, pengendara mobil akan merasa lebih tenang dan tetap menjaga rasa fokus ketika berkendara.

  • LCD indikator persneling.

Teknologi LCD kini merambah ke dalam bidang otomotif. Salah satunya yaitu melalui LCD sebagai indikator persneling. Persneling mobil yang dilengkapi display LCD menampilkan posisi gigi kendaraan ketika beroperasi. Informasi tampilan LCD akan berubah apabila posisi gigi kendaraan berganti. Informasi perubahan gigi kendaraan biasanya dimanfaatkan untuk mengetahui kecepatan mobil sekaligus mengefisiensi bahan bakar sehingga teknologi tersebut sangat membantu menciptakan suasana berkendara yang efektif dan hemat.

Itulah beberapa teknologi yang ada dalam dunia otomotif dan terus berkembang seiring dengan meningkatnya inovasi teknologi yang semakin canggih saat ini. Berbagai teknologi tersebut diciptakan untuk mempermudah dan memaksimalkan kegiatan berkendara yang dilakukan oleh pemilik kendaraan sesuai fiturnya masing-masing. Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi berbagai macam teknologi yang dimanfaatkan dalam bidang otomotif, baik itu kendaraan pribadi, kendaraan umum dan lain-lain.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Pengaruh Teknologi Terhadap Dunia Otomotif"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*