Panduan dan Tips Otomotif : Jangan Tertidur Saat Mobil Masih Menyala

Sebagai penggendara mobil, kamu pasti pernah mengalami kantuk berat saat perjalanan jauh. Banyak dari kita semua, kadang lupa kalau berkendara saat kantuk adalah berbahaya, apalagi tertidur saat mobil masih menyala. Tentu saja inisiatif yang harus Anda lakukan cari tempat peristirahatan disekitar perjalanan Anda. Sebab, ada beberapa hal  yang patut diperhatikan jika  kamu ingin tidur di dalam mobil. Kita semua pernah mendengar, bahwa tertidur di dalam mobil saat mesin masih menyala, bisa fatal akibatnya untuk nyawa kita. Resiko tersebut bisa berujung pada kematian mendadak tanpa Anda sadari. Karena gas diakibatkan gas buang yang masuk ke kabin. Kondisi ini didasari oleh mesin yang tidak dimatikan dengan AC yang masih aktif. Dan itu cukup membahayakan.  Karena gas buang mengandung  zat karbonmonoksida (CO). Polutan ini memang tidak  menimbulkan bau, tidak terlihat,  dan bila terhirup terus menerus oleh hidung kamu,  akan membuat tubuh kamu mendadak lemas, lelah, dan otomatis tidur terasa lebih nyenyak dan dalam. Bila terhirup terus menerus dalam jumlah yang sangat banyak, bisa mengakibatkan kematian. Berita tips otomotif kali ini akan membagikan kepada kamu panduan dan saran sederhana apabila Anda ingin tertidur di dalam mobil.

Untuk itu, tips otomotif dalam kesempatan kali menyarankan untuk kamu jika ingin tertidur di dalam mobil karena perjalanan yang cukup jauh dan belum menemukan penginapan di jalan.

Baca Juga: Bagaimana Mesin Mobil Bekerja?

  • Maka matikan mesin mobil Anda. Lalu matikan AC mobil Anda. Agar sesuatu yang tidak diinginkan seperti penjelasan di atas tidak terjadi ke kamu.
  • Lalu turunkan sendikit kaca mobil Anda. Fungsinya agar membantu sirkulasi udara dari dalam dan dan luar kabin berkelindan dengan maksimal. Jadi Anda masih bisa mendapatkan udara yang alami dan segar.
  • Jangan terlalu besar dan total membuka celah kaca mobil Anda. Untuk mencegah orang yang berniat jahat ke Anda dan jangan lupa juga untuk mengunci mobil Anda dalam posisi terkunci.
  • Hubungi teman terdekat Anda, kalau Anda sedang beristirahat dulu sebentar di perjalanan. Jadi kalau terjadi apa-apa. Teman Anda tersebut tahu posisi Anda ada berada dimana.
  • Pasang selalu alarm di smartphone Anda atau di jam tangan Anda. Agar Anda tidak terlalu tidur kebablasan. Kalau bisa suara alarm Anda di full. Jadi Anda bisa langsung terbangun kalau mendengar alarm tersebut. Karena kalau suara alarm anda pelan, takutnya Anda tidak mendengarnya karena beradu dengan suara bising mobil di jalan.
  • Dan jangan lupa juga, carilah tempat area atau parkir yang aman. Letak atau area yang paling tepat adalah semisal di area SPBU atau area restoran.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Panduan dan Tips Otomotif : Jangan Tertidur Saat Mobil Masih Menyala"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*