Mudahnya Merawat Mobil Tua dengan Tips Berikut Ini!

Mudahnya Merawat Mobil Tua dengan Tips Berikut Ini!

Kebutuhan akan kendaraan memang menjadi kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Terlebih dengan era teknologi dan dunia yang berubah kian dinamis sehingga menjadikan manusia harus bergerak dengan lebih cepat untuk mengurus segala aktivitas hingga pekerjaan. Mobil menjadi salah satu kendaraan yang banyak difavoritkan. Alasannya tentu saja karena mobil mampu memberi kenyamanan ketika berkendara di dalamnya. Meski demikian bagi para pemilik mobil, harus dipertimbangkan untuk merawat mobil dengan baik.

Mudahnya Merawat Mobil Tua dengan Tips Berikut Ini! 

Perawatan mobil sebetulnya cenderung sama. Meski demikian hal ini tidak berlaku untuk pemilik mobil tua karena perawatannya haruslah lebih teliti dan hati-hati lagi. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda tahu:

  • Cek mesin mobil berkala

Untuk cara perawatan mobil tua yang pertama yakni dengan selalu memastikan jika mesin mobil dicek berkala. Bahkan Anda jangan sampai ragu untuk tune up rutin. Alasannya adalah karena mobil tua mesinnya cenderung mudah sekali rusak dan mogok sehingga akan mengganggu jika Anda membawanya dalam sebuah perjalanan. Untuk itu pemeriksaan mesin menjadi cara perawatan mobil yang tidak boleh untuk diabaikan. Komponen lain pun juga harus dipertimbangkan sehingga maksimal keseluruhannya.

  • Penggunaan oli dan bahan bakar

Mesin mobil yang telah dipakai dengan jangka waktu lebih dari 10 tahun butuh asupan oli yang ekstra sehingga performanya tetap maksimal. Alasannya adalah karena mesin mobil ini pastilah sudah amat ringkih dan beda dengan mobil yang baru seperti zaman sekarang. Untuk itu ada baiknya jika Anda mengganti olinya tiap 2500 km. Dengan demikian maka tingkat emisi yang ada di mesin bisa lebih ditekan sehingga mampu ringankan beban kinerja pada mesin mobil tersebut.

  • Perhatikan kabel, karet penyangga dan ring

Merawat mobil tua harus sangat cermat dengan memperhatikan juga untuk bagian terkecilnya. Beberapa bagian yang patut dipertimbangkan misalnya bagian kabel, karet penyangga hingga ring. Masalah kabel biasanya adalah dengan sudah kondisinya mengelupas. Selain itu pada masalah ring biasanya jika ring telah lemah dan berkarat maka ada baiknya untuk segera menggantinya. Lihat juga bagian karet penyangga di pintu mobil karena bisa mudah robek jika Anda menggunakannya terlalu lama

  • Perhatikan ban dan velg

Dalam sebuah mobil, komponen ban sangat penting adanya. Cek kondisi ban beserta bagian velg dengan berkala. Alasannya adalah karena ban yang tipis bisa sebabkan bahaya di jalan oleh pengemudi. Tekanan angin pada ban juga harus pas sehingga ketika berkendara bisa lebih aman.

Itulah beberapa cara merawat mobil tua yang bisa Anda jadikan panduan. Yang terpenting dalam perawatan adalah teliti dan konsisten sehingga performa mobilnya bisa lebih maksimal. Untuk itu pastikan selalu rajin dalam pengecekan mobil Anda.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Mudahnya Merawat Mobil Tua dengan Tips Berikut Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*