Moge Honda Ala Street Fighter

Hai sobat autolapak.com, kali ini mimin punya referensi yang oke banget untuk sobat semua karena kita akan membahas mengenai moge Honda. Banyak pasti yang sudah memarkirkan motor yang satu ini di garasinya. Tapi yang special, kali ini kita akan mempercantik tampilan dari Tiger 2000. Sebelum masuk untuk mendandani motor yang satu ini, kita cek dulu nih apa saja kekurangan dan kelebihan dari Honda Tiger 2000. Kalau kita rajin mengecek kelebihan dan kekurangannya, kita akan tahu bagian mana yang sebaiknya dimodifikasi. Selain itu, bukan hanya mepercantik bagian luarnya saja, inner beauty dari motor ini pun akan keluar. Yang dimaksud dengan inner beauty di sini adalah performanya ya hehe, jangan salah paham ya. Rupanya motor yang satu ini cukup jadul dan sudah hampir 12 tahun tidak diproduksi lagi di Indonesia. Honda Tiger 2000 pertama kali diproduksi pada tahun 1993, kalau tahun segitu sih admin juga belum lahir *Lol. Kemudian, muncul versi kedua pada tahun 2002. Pada awal kemunculannya, moge ini dinamai dengan Honda Tiger Cruiser 2000, kece ga tuh namanya. Kemudian, setelah menerima upgrading, motor ini hadir dengan nama Honda Tiger New Cruiser 2000. Makin oke aja namanya Broh. Oke kita lanjut. Desain dan teknologi pada motor ini dibilang selalu menjadi yang terbaik di masanya, termasuk motor yang satu ini.

Perbedaan pada Tiger 2000 Cruiser dan Tiger 2000 New Cruiser yang mencolok adalah bagian lampu di bagian bodinya. Pada Tiger 2000 Cruiser, lampu yang diberikan adalah single bohlam, sementara pada Tiger 2000 New Cruise sudah dilengkapi dengan dua bohlam. Bohlam pada New Cruiser dipasang secara horizontal sehingga membuat tampilan lebih baru dan modern. Walaupun terlihat lebih baru, tapi Honda tidak menurunkan kualitas dari lampunya. Kedua jenis lampu ini telah menggunakan reflektor multilensa.

Kemudian, motor ini juga mendahului desain-desain sporty pada masanya loh. Walau sekarang sudah sangat ketinggalan, tapi pada masanya, motor ini sangat eye catching ketika mengaspal di jalanan. Moge ini dilengkapi dengan mesin 4 tak. Cukup mewah, mengingat pada masa itu masih sangat terbatas produsen yang memberikan mesin 4 tak pada motor rancangannya. Dengan mesin tersebut, performa motor ini sangat dapat diandalkan. Motor ini mampu memberikan torsi maksimum 1,60 gf.M. Kemudian, motor dengan kopling 6 ini sangat lincah untuk bermanuver di jalanan. Kerangka Tiger 2000 juga telah dilengkapi dengan diamond style sehingga walaupun ringan, tapi kerangka motor ini sangat kokoh.

Tapi, ada kekurangannya juga nih readers. Ini menjadi kesempatan bagi para modifikator, bukan hanya memberikan modifikasi pada bagian bodi dan luarnya saja. Tapi, modifikator akan mampu meningkatkan performa motor ini karena sudah mengetahui kelemahan dan mampu meningkatkan performanya. Pertama, motor ini memiliki rantai yang cukup berisik dan mengganggu. Kemudian, motor ini juga membutuhkan konsumsi bahan bakar yang cukup boros. Ada lagi, Tiger 2000 juga dibekali dengan tangki bahan bakar yang cukup tipis sehingga khawatir mudah bocor atau kemasukan air. Dari semuanya itu, sparepart dari motor ini bisa dibilang sangat mahal. Jadi, perlu ekstra dana untuk merawatnya. Maklum lah ya motor ini sudah tidak diproduksi lagi.

Dari kekurangan tadi, kita bisa meningkatkan performanya, mulai dari ban depan yang bisa menggunakan Bridgeston Batlax 110/60-70. Kemudian, ban belakang diganti dengan Pirelli mt 180/60-70. Seperti yang mimin bilang, kalau sudah tahu kekurangan, kita bisa meng-upgrade-nya jadi lebih oke. Karena tangki yang diberikan tidak memuaskan hati pemiliknya, mimin sarankan untuk mengganti dengan Caviga planet. Kemudian, untuk stang bisa diubah menjadi stang baplang. Voala, jadilah motor Tiger 2000 gaya street fighter.

Baca juga di sini https://review.bukalapak.com/auto/raja-touring-200-cc-dari-honda-tiger-2000-sampai-new-revolution-cruiser-42205

Picture by www.pexels.com/@ajay-bhargav-guduru-295195

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Moge Honda Ala Street Fighter"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*