Mobil Vespa 400 Mobil Imut Yang Langka

Jika kita mendengar kata Vespa pasti mengarah pada sekuter, namun siapa sangka ternyata Vespa juga pernah memproduksi mobil Vespa. Produk Piaggio brand dari Italia ini diproduksi hanya sedikit, muncul 10 tahun sejak pabrik mereka berdiri. Yaitu pada tahun 1957 -1961 Vespa hanya diluncurkan sebanyak 20 ribu unit.

Tampilan Vespa 400 sangat imut seperti halnya Vespa skuter. Piaggio menggandeng Ateliers de construction de motorcycles et d’automobiles (ACMA) perusahaan Perancis, namun walaupun begitu desain dan rangka mobil tetap milik Piaggio.

Vespa 400 Dari Segi Desain Dan Mesin

Mobil ini merupakan satu-satunya produksi perusahaan Piaggio yang menggunakan tipe mesin 2 tak berkublikasi 394cc, 2 silinder dengan power 14dk dan pendingin udara. Tidak hanya itu untuk menggerakkan rodanya mobil ini dilengkapi dengan transmisi manual 3 speed dan rev. mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 18 HP atau 13KW.

Dari sisi tampilan, desainnya mengusung konsep minimalis dan imut menjadi ciri khas Vespa itu sendiri. Highligt bagian utama terletak di bagian pintu dengan konsep suicide door. Bagian badannya terletak di tengah jadi untuk membuka pintu arahnya ke depan. selain itu mobil ini mengusung konsep cabriolet yaitu bagian atapnya bisa dibuka.

Mobil Vespa imut ini  memiliki panjang sekitar 2.8885mm dan lebar sekitar 1.270mm. Kecepatan berlarinya bisa hingga kecepatan maksimum 90 kpj. Menariknya walaupun mungil, mobil ini mampu menampung hingga 4 orang dewasa. saat kemunculannya pada tahun 1956, Vespa 400 mejadi saingan berat Flat 500. Namun sayangnya pada tahun 1961, mobil ini berhenti diproduksi karena dianggap kalah bersaing.

Baca Juga: Review Mobil Ferrari Yang Terkenal Pada Generasi Awal

Vespa 400 Menjadi Barang Langka

Visi Piaggio saat itu membuat Vespa 400 adalah menghadirkan mobil yang ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah dengan harapan bisa menjadikannya alat transportasi yang terjangkau bagi semua lapisan.

Ada dua model Vespa 400, yang Pertama adalah Lusso dan yang Kedua Turismo. Saat pertama kali rilis mobil ini berhasil memproduksi sebanyak 12 ribu unit. Namun sayangnya pada tahun-tahun berikutnya penjualan mobil ini semakin surut. Lalu, pada tahun 1961 setelah memproduksi 34 ribu unit, akhirnya Piaggio memutuskan untuk menghentikan pembuatan Vespa 400 dan memilih fokus ke produksi sekuter.

Sekarang, keberadaan mobil ini sudah sangat langka. Pernah di salah satu situs jual beli e-Bay pada tahun 2016 mobil  ini ada yang menjualnya. Hebatnya mobil yang sudah sangat sulit ditemui ini kondisinya masih full orisinil seperti tahun produksinya 1959. Walaupun begitu ada bagian mobil yang mengalami penuaan, seperti: bagian jok yang terlihat kusam, body yang sedikit mengalami ccat. Namun bagian panel logamnya tetap utuh tidak berkarat.

Pemilik mobil Vespa 400 ini mengungkapkan bahwa dirinya rutin melakukan perawatan sehingga komponen-komponennya masih dapatbekerja dengan baik. Mobil langka tersebut dijual sekitar 520,4 juta atau US$ 39.975.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Mobil Vespa 400 Mobil Imut Yang Langka"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*