Merawat Sepeda Motor Touring

Merawat Sepeda Motor Touring – Jalan-jalan ke lokasi wisata yang jauh menggunakan sepeda motor? Tidak masalah. Bahkan sudah merupakan hal umum bagi para pengendara sepeda motor. Wisata alam seperti ke pantai atau ke daerah pegunungan biasanya menjadi tujuan utama. Selain mencari susasana baru dan refreshing, jalan-jalan ke tempat baru bisa menambah pengalaman. Namun alangkah baiknya jika sebelum berpergian kita mengecek keperluan agar meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Kegiatan menjelajah ke tempat baru bisa dilakukan sendirian atau bisa berkelompok dengan komunitas sepeda motor. Bila memang berkelompok, usahakan tetap tertib mematuhi aturan lalu lintas, karena berkendara dengan aman dan baik harus tetap diprioritaskan.

Faktor utama yang harus dijaga jika jalan-jalan adalah kesehatan. Menjaga kebugaran tubuh bisa membantu dalam konsentrasi saat berkendara. Kita bisa menjaga stamina dengan olahraga yang teratur, mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup.

Sepeda motor touring biasanya berbentuk sporty dan tangguh untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Jika tunggangan sudah nyaman, pastikan juga perawatannya berkala. Berikut tips perawatan agar tetap aman dan nyaman.

Pertama, cek kondisi mesin secara berkala. Usahakan mengganti oli ketika akan dan sudah melakukan perjalanan jauh agar mesin tetap terjaga. Performa mesin yang baik akan membuat perjalanan tidak terganggu. Bila dirasa perlu, kita bisa mengeceknya di bengkel resmi.

Baca Juga: 3 Jenis Motor Touring Yang Membuat Perjalanan Lebih Nyaman

Langkah berikutnya adalah mengecek pengereman. Kampas motor yang sudah terlalu tipis sebaiknya diganti yang baru. Rem adalah salah satu faktor penting untuk keselamatan berkendara. Intensitas pemakaian rem akan sering dilakukan ketika melakukan perjalanan yang jauh. Jangan lupa pula mengecek kondisi ban motor. Ban yang sudah terlalu halus permukaannya bisa diganti dengan ban baru. Kondisi ban yang dengan grip yang baik akan membuat perjalanan lebih aman. Tekanan udara pada ban motor juga perlu diberi perhatian.

Pastikan lampu-lampu kendaraan berfungsi dengan normal. Bila melakukan perjalanan di malam hari, pencahayaan dari sepeda motor touring sangat membantu jarak pandang di jalan. Kita bisa mengecek lampu-lampu mulai dari headlamp, lampu belakang, lampu sein dan lampu rem. Pencahayaan pada malam hari tidak harus terang seperti lampu pijar dalam ruangan, pakailah lampu standar. Lampu yang terlalu terang bisa menyilaukan pemakai jalan yang lain.

Filter udara yang kotor bisa menurunkan daya tenaga motor. Membersihkannya bisa menjaga kondisi motor tetap prima. Cara membersihkannya pun tergantung jenis filter udara. Bila berbahan kertas kering, kita bisa membersihkannya dengan menyemprotkan tekanan angin ke filter tersebut.

Banyak hal yang harus disiapkan agar perjalanan kita tidak terjadi kendala. Cara perawatan di atas adalah hal sederhana yang bisa dicek pada sepeda motor touring kita.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Merawat Sepeda Motor Touring"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*