Merawat Motor Setelah Mudik Itu Wajib, Lakukan dengan Cara Tepat Ini!

Merawat Motor Setelah Mudik Itu Wajib, Lakukan dengan Cara Tepat Ini!

Sebentar lagi lebaran akan tiba. Tentunya jika ada momen lebaran, maka tentu identik dengan mudik. Ya, momen mudik merupakan momen yang banyak sekali ditunggu, terutama oleh para perantauan. Untuk mudik, sebagian besar orang banyak yang menggunakan kendaraan pribadi demi kenyamanan. Selain mobil, motor pun juga banyak dijadikan kendaraan untuk mudik. Tentunya sebelum persiapan mudik, maka Anda harus merawat motor Anda sehingga bisa siap menjalani perjalanan yang jauh.

 Merawat Motor Setelah Mudik Itu Wajib, Lakukan dengan Cara Tepat Ini!

Setelah mudik, tentu motor Anda akan merasakan lelah yang luar biasa. Ya, motor pun bisa lelah. Kelelahannya bisa dibuktikan dengan performa motor yang mungkin menurun. Jika demikian, maka tentu tugas Anda sebagai pemiliknya untuk merawat motor tersebut setelah dipakai selama seharian sehingga performanya bisa tetap terjaga. Untuk itu berikut ini beberapa trik merawatnya setelah mudik yang wajib dilakukan:

  • Cek ke bengkel resmi

Untuk memudahkan pengecekan, ada baiknya jika Anda mengecek motor Anda langsung ke bengkel resmi saja. Bengkel resmi saat ini sudah ada di banyak sekali tempat di berbagai kota sehingga tak akan sulit menemukannya. Kelebihan pengecekan di bengkel resmi adalah dengan montir yang sudah terlatih dan tentunya jika ada penggantian pun pasti menggunakan barang yang original.

  • Periksa oli samping

Motor yang baru dipakai dengan jarak tempuh puluhan kilo bisa menjadikan oli sampingnya kian mengering. Apabila sudah terjadi seperti ini, maka sangat berbahaya untuk mesin motor Anda. Umumnya dalam penggantian oli samping biasa dilakukan dalam jarak 2.000 km. Meski demikian jika motor Anda ada indikasi dengan suara berdecit, maka coba untuk bawa motor tersebut ke bengkel apakah olinya masih di kondisi normal atau dalam kondisi kritis.

  • Periksa tekanan angin ban

Kontur jalanan saat mudik yang Anda lalui mungkin berbeda sehingga kerap menjadikan kondisi pada ban di karet motor menjadi berubah. Apalagi untuk perjalanan yang jauh sehingga bisa menjadikan alur ban kian aus. Apabila Anda mengeceknya, maka jika alur bannya telah mulai menipis maka ada baiknya untuk ganti ban baru. Cek juga tekanan angin yang ada di ban dimana jangan sampai tekanannya ada kekurangan. 

Untuk saat ini sudah ada banyak fasilitas home service yang disediakan bengkel demi bisa memberikan kemudahan sehingga Anda bisa lebih mudah untuk service motor. Setelah lakukan perjalanan jauh, pastinya Anda sangat lelah jika harus service sendiri ke bengkel. Oleh karena itu bisa juga memanggil home service sehingga motor tetap terawat, Anda pun bisa istirahat maksimal. Merawat motor tentu sudah menjadi kewajiban Anda sebagai pemiliknya. Dengan motor terawat maka performa pun akan maksimal dan Anda pun nyaman.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Merawat Motor Setelah Mudik Itu Wajib, Lakukan dengan Cara Tepat Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*