Menilik Ciri-ciri Ban Motor yang Berkualitas dan Tepat untuk Anda Pilih

Setiap pemilik sepeda motor tentu akan memperhatikan betul setiap komponen yang terdapat di kendaraan kesayangannya ini. Salah satunya adalah ban motor yang tentunya memiliki peran sangat vital dalam menjamin sebuah kendaraan bermotor mampu melaju dengan baik sekaligus stabil. Satu saja ban pada motor ini mengalami masalah maka dijamin kualitas perjalanan akan berkurang dan jika dipaksakan malah akan mengancam keselamatan. Mulailah memperhatikan pemilihan ban kendaraan bermotor sekaligus pahami pula bagaimana merawatnya, sehingga jauh lebih awet.

Ciri-ciri Ban untuk Motor yang Berkualitas

Memilih ban untuk motor kesayangan dengan kualitas yang optimal tentu wajib dilakukan sehingga membuat motor ini mampu berjalan dengan baik untuk waktu yang lama. Mengetahui suatu ban khusus motor memang layak dipilih adalah dengan memastikan ban tersebut memiliki ciri-ciri di bawah ini:

  • Terbuat dari karet berkualitas,

Semua ban terbuat dari bahan karet namun beda merek maka beda pula jenis dan kualitas karet yang digunakan. Karet ban baiknya keras namun tidak terlalu keras juga, agak sedikit lembut sehingga fleksibel ketika melewati berbagai medan. Biasanya ketebalannya pun pas, dan semakin tebal semakin awet meski akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

  • Memiliki pola yang banyak,

Pola pada ban memang beragam namun fungsinya tentu bukan untuk membantu mempercantik ban motor tersebut. Melainkan membantu memberikan daya cengkram antara ban ke jalanan secara maksimal sehingga resiko motor terpeleset saat jalanan licin bisa dicegah. Pola ini juga membantu ban mendapatkan cengkeraman maksimal ketika melewati jalanan yang berlumpur, maupun dalam kondisi baik-baik saja maka semakin banyak polanya akan semakin baik.

Baca Juga: Dunia Otomotif Motor: 4 Kiat Perawatan Ban Agar Selalu Seperti Baru

  • Merek ban yang banyak dipilih dan direkomendasikan,

Ciri lain yang menunjukan sebuah ban khusus motor memiliki kualitas ideal adalah dari nama besar merek yang memproduksinya. Semakin terkenal tentu semakin baik sebab suatu merek ban bisa dikenal luas tentu karena kualitasnya yang sudah terbukti bisa diandalkan. Maka memilih ban bermerek pun kerap dilakukan demi mendapatkan ban untuk motor kesayangan dengan kualitas terbaik. Kalau sudah didapatkan maka dijamin ban ini akan jauh lebih awet ketimbang ban merek lain yang jarang dikenal orang.

  • Mudah untuk ditemukan,

Memilih ban memang baiknya teliti supaya motor kesayangan selalu aman dikendarai bahkan ketika melewati jalanan yang kurang mendukung. Sebuah ban dikatakan baik dan tepat untuk dijadikan pilihan apabila tersedia dimana-mana, mulai dari toko sparepart kecil-kecilan sampai skala lebih besar. Pertimbangkan memilih merek yang memang memungkinkan untuk ditemukan dengan mudah sehingga menunjukan peminatnya banyak. Kemudian memberi arti bahwa ban motor tersebut memang mutunya bagus, sebab penjual tentu tidak akan menyediakan stoknya apabila sepi peminat. Mana ada penjual ban mau rugi?

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Menilik Ciri-ciri Ban Motor yang Berkualitas dan Tepat untuk Anda Pilih"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*