Mengintip Wuling SUV 530: Mobil Keluaran Terbaru Wuling

Kehadiran mobil keluaran terbaru Wuling di Indonesia pada awalnya boleh jadi dipandang sebelah mata. Faktanya, perusahaan asal Tiongkok ini memang tak main-main. Sebab, Wuling menghadirkan sesosok SUV yang berbasis sama dengan Baojun 530 di Tiongkok pada gelaran GIIAS 2018. Perlu diketahui, Baojun adalah merek Wuling di Cina. Pertanyaannya, kenapa Wuling meluncurkan SUV kode 530 ini di Indonesia? Manisnya pasar otomotif Indonesia tentu saja membuat produsen otomotif berbagai merek menelan air liur, tak terkecuali Wuling. Tujuan Wuling menghadirkan mobil ini tiada lain ialah hendak mencicip manisnya pasar tersebut; apakah selera Wuling “jodoh” dengan selera pasar di Tanah Air? Dari desas desus yang beredar, Wuling hendak memasarkan Wuling SUV ini di Indonesia tahun 2019.

Penasaran dong, tentang ulasan Wuling selengkapnya? Let’s check this Wuling SUV out!

Desain

Kokoh, tetapi juga modern. Begitulah kesan pertama kala melihat Wuling SUV. Mobil satu ini memang meninggalkan kesan sosok yang terlihat besar namun juga elegan. Boleh jadi, ini semua gara-gara penggunaan DRL LED yang posisinya terletak di atas lampu utama.

Mobil yang masih satu model dengan Baojun 530 di Negeri Tirai Bambu ini memiliki dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm. Oh ya, ngomong-ngomong, apakah ada yang merasa desain bagian depannya mirip Mitsubishi Xpander?

Desain velg Wuling SUV yang berukuran 19 inci terlihat cocok bila dipadukan dengan desain bodi yang kekar. Namun, kalau Anda membeli Wuling SUV ini, nanti bukan velg berukuran 19 inci yang didapat. Kabarnya, konsumen hanya akan mendapatkan velg 17 inci. Pecinta modifikasi mobil tentu tahu apa yang harus dilakukan, bukan?

Sebagai mobil SUV, Wuling telah melengkapi mobil jelmaan Baojun 530 ini dengan roofrail-nya. Desain kaca belakangnya pun tak luput dari bidang garapan. Hasilnya, kaca pada pilar C akan mengingatkan kita kepada SUV ladder frame Toyota, yaitu Fortuner generasi sebelumnya. Ya, benar, kaca pada pilar C dibuat seolah-olah menyatu pada kaca belakangnya.

Performa

Mesin yang ditanamkan salah satu varian Wuling SUV rupanya sama dengan mobil yang telah lebih dulu hadir, yaitu CR-V dan Glory 580. Mesinnya ialah mesin 4-silinder 1,5 liter turbo dengan menggunakan teknologi katup variabel yang diberi nama DVVT.

Dari mesin tersebut, tenaga yang mampu dihasilkan Wuling SUV satu ini tidak main-main. Tercatat, Wuling SUV bisa menyemburkan tenaga sebanyak 147 Tk pada putaran 5.500 rpm dan torsi 230 Nm di 2.000 – 3.000 rpm. Hentakan tenaga Wuling SUV disalurkan kedua roda depan alias front wheel drive.

Rumornya, SUV ini dipasarkan di Indonesia dengan satu pilihan transmisi, yaitu CVT. Alasannya, transmisi ini dianggap menjanjikan kehalusan dalam berkendara.

Interior

Karena memang disiapkan untuk mengganggu merek lain di kelas yang sama, Wuling juga mempercantik kabin SUV andalannya. Walaupun material pada dashboard dan door trim masih didominasi oleh bahan plastik, namun ada juga bahan kulit yang Wuling sertakan, yaitu di bawah ventilasi AC bagian depan.

Penumpang boleh jadi tak akan terfokus kepada material yang terkesan tidak premium tersebut. Sebab, perhatian penumpang akan dialihkan begitu melihat tombol shortcut yang sporty. Nah, tombol-tombol ini berada di bawah head unit touchscreen yang berukuran 8 inci. Selain itu, mobil ini sudah dilengkapi dengan AC double blower, jadi Anda tak usah khawatir dengan masalah pendinginan.

Penumpang depan dan pengemudi Wuling SUV akan dipermudah oleh pengaturan jok yang dibuat elektrik. Penggunaan kulit pada jok mobil ini juga sudah dijadikan standar. Selain itu, juga terdapat front and rear camera yang membuat momen berkendara dan parkir tak lagi horror.

Kalau yang satu ini barangkali adalah keunggulan yang boleh disombongkan oleh para pemilik SUV Wuling: panoramic sunroof! Ya, Wuling SUV sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof  berukuran sedang.

Selain itu, ia juga dilengkapi dengan lampu kabin LED yang terkesan mewah dan premium sound system yang dikembangkan langsung oleh Infiniti, divisi Nissan untuk produksi mobil mewah.

Kapasitas dan Keselamatan

Saat dipamerkan, Wuling SUV terlihat mampu menampung orang dengan kapasitas 5 penumpang. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa model yang akan dipasarkan di Indonesia nanti berkapasitas 7 penumpang. Alasannya, tentu saja karena Wuling menghadirkan model SUV-nya ini demi mengetes respons pasar. Oleh sebab itu, masukan dari konsumen Indonesia jelas akan dipertimbangkan Wuling.

Dengan mobil berdimensi besarnya, beberapa fitur Wuling sematkan demi menunjang keselamatan kala berkendara. Contoh fitur-fitur Wuling SUV adalah Anti-lock Braking System (ABS) yang ditunjang oleh Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Selain itu, ada pula fitur lain seperti Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), serta penggunaan Electric Parking Brake (EPB) yang memudahkan penggunanya. Dengan 2 sensor parkir depan dan 4 sensor parkir belakang, ISOFIX, Rear Parking Camera, TPMS, Dual SRS Airbag (Front, Side, Curtain), dan TCS (Traction Control System), kehadiran Wuling SUV di Indonesia tampaknya semakin sulit buat ditolak.

Jadi, sudah siapkah tabungan Anda untuk membeli Wuling SUV ini tahun depan?

 

Sumber: https://review.bukalapak.com/auto/suv-wuling-baojun-530-hadir-di-giias-2018-apa-saja-kelebihannya-47133

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Mengintip Wuling SUV 530: Mobil Keluaran Terbaru Wuling"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*