Memburu Mobil Sedan

Memburu Mobil SedanMemiliki mobil adalah impian banyak orang. Banyak di antara kita bingung saat menentukan mobil apa yang akan beli. Jenis dan merk ternama bersaing mengeluarkan produk otomotif mereka.  Ada baiknya kita melihat dulu kelebihan mobil yang menjadi incaran.

Salah satu jenis mobil di Indonesia yang populer adalah mobil sedan. Mobil jenis ini populer untuk pribadi, mobil kantor, dan biasa digunakan untuk perusahaan taksi. Kapasitas penumpang jenis ini pada umumnya tidak terlalu banyak, sekitar tiga sampai lima orang. Untuk letak bagasi biasanya di belakang bagian mobil.

Biaya operasional saat memiliki mobil juga harus diperhitungkan. Carilah mobil yang sesuai rencana keuangan kita agar tidak over budget. Kita bisa mencoba bertanya ke beberapa gerai mobil untuk mencari info tentang mobil yang dicari. Kalkulasikan juga mengenai biaya perawatan mobil tersebut. Mobil yang mempunyai banyak gerai bengkelnya bisa mempermudah perawatan bila terjadi kerusakan atau mencari suku cadangnya.

Membeli bukan berarti tidak akan menjualnya kembali. Begitu juga dengan mobil. Hal ini juga sebaiknya diperhatikan. Mobil-mobil yang banyak peminatnya akan lebih cepat terjual ketika kita sudah tidak membutuhkannya atau mengganti dengan mobil yang lain. Seperti mobil sedan, peminatnya cukup banyak di kalangan masyarakat.

Membeli sedan second hand atau bekas bisa jadi pilihan. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah forum lelang mobil. Bisa juga mencari di tempat khusus mobil bekas. Jika kita jeli, banyak yang menawarkan sedan bekas dengan harga yang terbilang murah. Namun janganlah mudah tergiur dahulu. Teliti adalah kunci membeli mobil yang baik.

Sedan bekas bukan berarti kualitasnya menurun. Kesan sporty di sedan cukup membuat bangga untuk dipakai. Interior yang ciamik serta nyaman membuat mobil jenis ini laku di pasaran. Namun ada hal perlu diperhatikan kembali saat membeli mobil sedan bekas.

Kelengkapan surat atau dokumen kendaraan tentunya hal utama yang kita tanyakan saat ingin membeli mobil, terlebih mobil bekas. Periksa surat-surat kendaraan bekas tersebut dengan jeli, seperti STNK, BPKB serta surat-surat lainnya. Biasakan bertanya dengan detil saat melihat calon mobil kita.

Kondisi badan mobil dan interior juga tidak kalah penting untuk dicek. Memeriksa bagian mobil apakah sudah pernah rusak atau diganti. Bawa lah teman atau saudara yang mengerti tentang mesin mobil bila kita masih awam. Pendapat dari mereka bisa kita jadikan patokan untuk memilih mobil dengan baik dan masih dalam kondisi prima.

Harga mobil sedan bekas memang jauh lebih murah dengan yang baru. Rata-rata berkisar antara  80 juta sampai 180 juta. Bila beruntung, kita bisa membawa mobil bekas dibawah harga tersebut. Selamat berburu mobil impian.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Memburu Mobil Sedan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*