Mau Motor Irit Bensin? Simak 4 Tips Otomotif Berikut Ini!

Meskipun kini harga BBM lebih stabil tentunya Anda tetap tertarik untuk menjadikan motor kesayangan lebih irit bahan bakar. Sehingga uang bensin yang bersisa bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya, jika diperhitungkan dalam sebulan tentu sangatlah lumayan. Ada banyak sekali tips otomotif yang memberikan masukan bagi pengguna motor supaya bisa menghemat bahan bakar. Anda tentunya bisa memilih salah satu media informasi kemudian mengaplikasikan tips yang telah didapatkan, dan dipilih karena dirasa mudah untuk dilakukan secara langsung.

Tips Terbaik Menjadikan Motor Irit Bensin

Membantu mobilitas Anda memakai motor lebih hemat di kantong, maka perhatikan dan aplikasikan beberapa tips berikut agar konsumsi bensin tidak boros:

  • Rutin mengecek tekanan pada bank,

Pengguna motor baru umumnya tidak menyadari bahwa ada keterkaitan antara tekanan ban motor dengan konsumsi bahan bakar. Kabarnya jika tekanan ban kurang baik roda depan ataupun belakang, maka akan membuat bensin boros sekitar 10-15%. Sebaliknya, jika menjaga tekanan ban tetap stabil dan pas maka Anda sudah mampu menghemat pemakaian bahan bakar sebesar 10-15% per harinya. Jauh lebih hemat, dan layak untuk dipraktekkan sendiri

  • Memperhatikan kondisi busi,

Idealnya busi dipergunakan untuk jarak tempuh antara 5.000-6.000 km, lebih dari itu usahakan sudah mengganti busi dengan yang baru. Pasalnya busi yang sudah usang bisa memberikan pengaruh besar pada proses pembakaran di dalam mesin. Tidak menutup kemungkinan menjadikan konsumsi bahan bakar lebih banyak dari biasanya. Maka tidak keliru jika dalam semua tips otomotif selalu menekankan pentingnya mengganti onderdil secara berkala, termasuk pula busi. Tujuannya tentu saja untuk menjadikan motor tetap aman dikendarai sekaligus tidak boros bensin

  • Memilih pelumas atau oli berkualitas,

Oli yang ada di pasaran hadir dalam berbagai pilihan, beberapa dijual dengan harga lebih mahal dibanding merek lainnya. Tentu dengan perbedaan harga ini ada beberapa keunggulan yang dimiliki oli lebih mahal, salah satunya dari segi kualitas. Rupanya berinvestasi membeli oli lebih mahal bisa membantu menghemat bahan bakar motor Anda. Sebab oli yang baik akan menjadikan proses pembakaran berlangsung stabil sehingga motor mampu berlari kencang namun bensin yang terbakar jumlahnya lebih sedikit.

  • Mempertimbangkan penggunaan fuel saver,

Istilah fuel saver dipergunakan untuk menunjuk beberapa jenis sparepart tambahan yang ketika dipasang bisa membantu menghemat konsumsi bahan bakar. Pilihannya ada beberapa namun kebanyakan orang mengandalkan ring bensin dan juga Power FX-Femax. Kedua sparepart tambahan ini bisa Anda tambahkan ke dalam mesin sepeda motor. Beberapa uji coba menunjukan dengan adanya komponen ini bisa memangkas konsumsi bahan bakar sekitar 10%. Tentunya bisa dijadikan pertimbangan, sebab jika bisa dihemat memakai tips otomotif satu ini mengapa harus bertahan dengan yang boros?

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Mau Motor Irit Bensin? Simak 4 Tips Otomotif Berikut Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*