Mau Ganti Oli Mobil? Ini Tips untuk Cek Sendiri

Setiap mesin membutuhkan pelumas. Namun seringkali terjadi kesalahan dalam memilih pelumas mesin sehingga dapat menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pemberian oli mesin. Oli pelumas mesin yang baik dan cocok dengan karakter sebuah mesin, akan memaksimalkan mesin tersebut. Sehingga akan mampu bergerak dengan lebih ringan, halus, memberikan tarikan yang lebih enteng dan menghaluskan suara mesin. Selain itu  mesin akan tetap terjaga ‘kesehatannya’, terutama bila pergantian oli dilakukan secara berkala. Jadi tidak perlu untuk coba-coba dengan gonta-ganti oli mobil.

Banyak anggapan pada fungsi oli mobil yang hanya digunakan sebagai pelumas mesin. Tapi ternyata oli memiliki kegunaan lainnya seperti mendinginkan mesin, melindungi mesin dari risiko berkarat, juga sebagai pembersih dan penutup celah pada dinding mesin. Fungsi pelumas pada oli akan membuat gesekan antar komponen mesin mobil bergerak lebih halus sehingga membuat mesin bekerja pada suhu ideal. Kegunaan lainnya adalah memindahkan panas dengan suhu 1000-1600 derajat celsius menuju mesin lainnya yang lebih dingin.

Jenis Oli Mobil  yang paling dikenal pemilik mobil umumnya hanya dua. Padahal selain oli mesin dan oli transmisi terdapat bagian lain yang memerlukan cairan pelumas sepert oli. Oli mobil yang pertama adalah oli mesin. Fungsinya untuk mengurangi gesekan antar komponen pada mesin, membersihkan serpihan logam. Selain itu, berfungsi untuk mendinginkan suhu pada mesin mobil. Kedua, Jenis oli yang digunakan pada sistem transmisi. Kegunaannya untuk mempermudah pergantian pada gigi dan merawat komponen-komponen transmisi agar tidak aus. Ketiga, Oli garden yang berfungsi untuk memberikan pelumasan pada bagian yang menghubungkan transmisi ke gardan. Sehingga, kinerjanya menjadi optimum. Keempat adalah Oli rem atau sering disebut minyak rem. Minyak rem ini memiliki fungsi pengereman pada mobil. Terakhir adalah oli power steering. Walaupun sudah banyak model mobil baru yang diluncurkan berbagai produsen mobil namun tetap ada pengemudi yang menggunakan mobil produksi tahun 90an. Mobil yang diproduksi pada tahun 90-an masih menggunakan power steering konvensional. Power steering sendiri adalah sistem kemudi yang menggunakan tenaga hidrolik untuk meringankan setir mobil. Sistem power steering terdiri atas beberapa bagian seperti rack, pinion dan tabung yang berisi oli diatas pompa.Fungsi dari oli power steering ini adalah sebagai pompa hidrolik yang meringankan ketika mengendalikan setir mobil.

Sekarang cukup info tentang jenis-jenis oli mobilnya. Lalu bagaimana dengan pengecekan ‘kesehatan’ oli mobil? Apakah harus selalu repot datang ke bengkel? Sampai menemukan oli mobil terbaik? Ternyata jika kita mau untuk memahami sedikit tentang masalah perolian ini, kita bisa mengecek ‘kebugaran’ oli pada mobil kita.

  1. Warna

Warna oli merupakan indikator utama untuk mengetahui kualitas oli apakah masih baik atau sudah waktunya untuk diganti. Untuk mengetahui hal itu terdapat tiga warna yang harus kita ingat:

  • Kekuningan menandakan oli masih bagus dan belum waktunya untuk diganti
  • Hitam Pekat, menandakan oli sudah dalam kondisi penuh dengan kotoran. Sehingga sudah waktunya untuk diganti.
  • Warna agak putih, menandakan oli sudah bercampur dengan air. Sehingga sudah jelas bahwa oli harus diganti.
  1. Jumlah

Jumlah oli pada mobil haruslah proporsional tidak terlalu berlebihan atau tidak terlalu sedikit. Cara mengukurnya isilah oli sesuai dengan buku panduan dan gunakan dipstick untuk mengukur kuantitas oli, biasanya dipstick tersedia pada bagian cap depan mobil.

  1. Kekentalan

Sementara kekentalan oli bisa diketahui dengan cara dicolek dan dirasakan ataukah masih licin atau sudah terasa kasar. Jika terasa kasar, maka sudah waktunya oli untuk diganti karena sudah terlalu banyak kotoran pada oli.

Begitulah tips-tips dan pengetahuan seputar oli yang ada pada mobil. Pastikan oli dama keadaan bagus agar fungsi kendaraan lebih maksimal.

Sumber gambar: Salessuzukimedan.com

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Mau Ganti Oli Mobil? Ini Tips untuk Cek Sendiri"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*