Langkah Merawat Vespa Klasik Agar Selalu Tokcer

Mengurus motor tua contohnya seperti vespa klasik atau vespa tua memang membutuhkan kesabaran dan kecekatan ekstra. Namun bukan berarti kita tidak dapat melakukannya sendiri. Kendala teknis yang sering membuat vespa mogok memerlukan perhatian sendiri sehingga kita tidak banyak menggantungkan diri pada bengkel. Ada beberapa cara perawatan untuk vespa yang bisa Anda lakukan. Pertama, gunakan oli samping yang memiliki kualitas bagus. Seperti mesin 2 tak, vespa memerlukan oli samping agar bisa mendukung pelumasan komponen. Begitu penting menggunakan oli samping yang memiliki kualitas bagi agar bisa memperpanjang umur dari mesin.

Kedua, melakukan cek aki secara berkala. Untuk beberapa vespa yang berada di generasi 80-an, vespa ini telah menggunakan aki untuk menghidupkan mesin. Komponen ini begitu vital sehingga memerlukan jadwal pengecekan secara rutin. Jika tidak dirawat layaknya motor lain, di kepala aki sering muncul kerak yang bisa membuat aki tidak dapat berfungsi dengan optimal. Agar bisa membersihkan dengan mudah, lepas kepala dari aki dan siram dengan menggunakan air panas serta sikat.

Ketiga, busi. Penyakit vespa klasik atau tua yang sering diserang adalah busi. Sistem kerja dari mesin 2 tak bisa memunculkan timbulnya kerak di busi. Oleh sebab itu sistem busi yang tidak bekerja dengan optimal. Anda bisa melakukan pergantian setiap 6 bulan. Agar bisa memperpanjang usia penggunaan, bersihkan kerak secara rutin. Kondisi busi harus secara terus menerus diperhatikan, jika tidak ingin perjalanan kita dengan menggunakan vespa kesayangan akan terganggu. Jangan pula melupakan kran bensin. Pada dasarnya beberapa tipe vespa telah mempunyai 2 tangki khusus yang digunakan untuk memisahkan bensin dan oli. Tujuan dari pemisahan ini agar besin dan oli tidak tercampur.

Keempat, pilih bahan bakar yang memiliki oktan tinggi. pada dasarnya motor tua bukan berarti dapat menggunakan bahan bakar sembarangan atau bahan bakar oplosan. Agar bisa menjaga tetap berada dalam kondisi yang baik, lebih baik berikan vespa Anda bahan bakar yang lebih sesuai dengan kompresinya. Lebih-lebih banyak vespa tua yang mempergunakan mesin generasi baru. Untuk exclusive sudah menggunakan mesin yang memiliki rasio 9,2. Secara teknis memerlukan bensin RON di atas 90. Jika masih menggunakan mesin lama contohnya seperti sprint, rasionya cukup 7,5 hingga 7,7 sehingga memerlukan bensin beroktan 88.

Terakhir, memeriksa karburator secara berkala. Bukan hanya busi yang menjadi bagian penting dibanding dengan yang lainnya. karburator pun menjadi bagian yang penting pula. Fungsi yang dimiliki oleh karburator ialah mencampurkan bahan bakar serta udara sebelum masuk di ruang bahan bakar. Karburator ini sering ditemukan kotor karena udara dan kualitas BBM. Oleh sebab itu karburator harus bersih agar vespa klasik bisa tetap tokcer digunakan

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Langkah Merawat Vespa Klasik Agar Selalu Tokcer"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*