Keuntungan dan Kerugian Membeli Kendaraan di Lelang Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Keuntungan dan Kerugian Membeli Kendaraan di Lelang Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Apa yang Anda akan lakukan saat ingin membeli mobil bekas? Datang dealer mobil bekas? Mencari Informasi penjualan mobil bekas di Koran atau Internet? Semua cara tersebut merupakan alternatif yang paling banyak dipilih oleh kebanyakan orang. Namun rupanya ada cara yang lebih menggiurkan lagi, yakni membeli kendaraan di lelang mobil. Sayangnya tidak semua orang berminat tempat pelelangan, karena kendaraan  di lelang mobil terkenal dengan mobil yang dilepas dengan kondisi apa adanya.

Keuntungan dan Kerugian Membeli Kendaraan di Lelang Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli kendaraan di lelang mobil, ada baiknya Anda mengenal dulu keuntungan dan kerugian mobil lelang agar tidak menyesal di kemudian hari.

Keuntungan Membeli Kendaraan di Lelang Mobil

Tersedia banyak pilihan

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan di lelang mobil adalah terdapat banyak pilihan untuk calon pembeli. Biasanya pada setiap pelelangan terdapat setidaknya 300 hingga 400 kendaraan dengan kondisi, jenis dan tipe yang berbeda. Tentunya ini akan memudahkan pembeli untuk menyesuaikan kebutuhan serta anggaran mereka.

Harga lebih murah dari harga pasaran

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan di lelang mobil adalah dari segi harga, yakni di mana mobil yang dibeli dari sistem lelang memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga pasaran. Biasanya pedagang mobil bekas memanfataatkan rendahnya harga mobil lelang dengan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Perbedaanya bahkan bisa mencapai Rp 5 juta hingga Rp 20 juta per unitnya. Tentunya harga tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi mobil dan jumlah permintaan di pasar

Proses mudah dan hemat waktu

Selain bisa mendapatkan harga murah, proses lelang mobil juga tidak berbelit-belit seperti saat membeli mobil di dealer resmi dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama sebagaimana yang dibayangkan banyak orang. Biasanya para peserta lelang cukup menitipkan uang pendaftaran sebesar Rp 5 juta agar bisa ikut proses lelang. Beberapa hari sebelum hari lelang, para peserta diperbolehkan untuk melihat kondisi mobil yang akan ditawarkan.

Di hari pelelangan, panitia pihak lelang mobil akan memberikan data dan informasi yang akurat dari masing-masing mobil yang akan dilelang. Setelah menyelesaikan proses pembayaran, Anda sudah bisa langsung membawa pulang mobil lelang yang berhasil Anda menangkan. Dan jika tidak menang, uang pendaftaran akan dikembalikan ke peserta lelang.

 

Kerugian Membeli Kendaraan di Lelang Mobil

Waktu Terbatas untuk Memeriksa Kendaraan Lelang

Kerugian membeli kendaraan di lelang mobil adalah pembeli tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengecek kondisi mobil pada saat open house. Open House biasanya hanya digelar oleh balai lelang 3 hari sebelum lelang dilangsungkan. Bahkan mobil lelang tidak diperbolehkan untuk dipakai  test drive seperti yang dapat Anda lakukan jika Anda membeli mobil melalui showroom. Mobil yang dilelang dijual dengan kondisi apa adanya tanpa perbaikan sebelumnya.

Masalah Dokumen Kendaraan

Kerugian lainnya dari membeli kendaraan di mobil lelang adalah kendaraan yang dilelang kebanyakan sitaan dari para penagih utang. Sehingga mengakibatkan dokumen seperti BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) masih disita oleh pihak perusahaan pembiayaan atau pemilik kendaraan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Keuntungan dan Kerugian Membeli Kendaraan di Lelang Mobil yang Wajib Anda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*