Ketahui Tips Penyimpanan dan Perawatan Mobil Tua yang Aman dan Tepat

Perkembangan dunia teknologi yang semakin cepat kini juga berpengaruh pada perkembangan alat transportasi. Salah satunya adalah mobil yang terus berkembang dengan banyaknya fitur teknologi disertai dengan berbagai spesifikasi unggulannya. Meski kini dunia semakin dinamis dalam gaya hidupnya, namun ternyata masih banyak yang menggemari mobil tua dengan berbagai alasan. Penggemar mobil klasik ini bahkan juga memiliki komunitas tersendiri yang kerapkali mengadakan banyak acara.

Perawatan mobil klasik juga menjadi tantangan tersendiri. Selain karena komponen yang sudah tua dan aus, mendapatkan spare part dan menemukan bengkel yang mau mereparasi mobil klasik juga semakin sulit. Karena hal inilah maka banyak penggunanya yang jarang memakai mobil klasik untuk bepergian dan lebih memilih menyimpannya di rumah. Penyimpanan yang tidak tepat dan benar juga berpotensi memberikan resiko lebih besar lagi yaitu dengan munculnya jamur. Selain itu, karat dan korosi pun bisa mengancam, bahkan endapan serta asam juga bisa terbentuk di oli mesin.

Untuk itu, jika Anda ingin menyimpan mobil tua selama beberapa waktu dan tidak digunakan, maka pastikan menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Pertama, patut dipahami jika tempat menyimpan mobil yang terbaik adalah posisi yang tidak terpengaruh pada kondisi cuaca dan di dalam suatu ruangan yang teduh dan kering. Garasi menjadi tempat terbaik untuk menyimpan mobil Anda. Namun bagi yang tidak memiliki garasi, maka usahakan menutup mobil dengan penutup berkualitas dengan bahan yang tebal jika akan menyimpan mobil di luar ruangan.
  • Meninggalkan mobil dalam kondisi tangki kosong akan membuat uap air mengembun berpotensi menimbulkan korosi dan karat. Namun jika mengisinya secara penuh, maka gas akan memecah bertahap sehingga bisa membentuk gum serta pernis. Memang seperti buah simalakama. Namun Anda bisa meminimalisir resiko dengan menuang stabilizer bahan bakar di tangki.
  • Persiapan lain yang juga butuh dilakukan adalah dengan mengganti oli serta filter yang baru dan kendarai terlebih dulu selama beberapa kilometer agar oli bisa menyebar dengan maksimal.
  • Bila memang akan menyimpan mobil dalam waktu lama, usahakan melepas baterai dan bersihkan bagian atasnya terlebih dulu sebelum mengisi baterai dalam kondisi penuh.
  • Jika Anda berencana menyimpan mobil dalam waktu lebih dari sebulan, ada baiknya mobil ditopang dengan balok sehingga mampu mengurangi beban roda dan suspensi.

Itulah beberapa persiapan yang perlu dilakukan jika Anda berencana untuk menyimpan mobil dalam waktu yang cukup lama. Penyimpanan yang dilakukan dengan penuh persiapan memang butuh dilakukan sehingga memastikan ketika nanti mobil akan dipakai kembali, kondisinya masih tetap bagus dan bisa berjalan dengan semestinya. Mengingat mobil tersebut adalah mobil tua, maka Anda butuh mempersiapkan lebih detil lagi.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Ketahui Tips Penyimpanan dan Perawatan Mobil Tua yang Aman dan Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*