Ketahui Masa Ganti Spare Part Mobil Ini Secara Rutin

Ketahui Masa Ganti Spare Part Mobil Ini Secara Rutin

Komponen yang ada di dalam kendaraan terdiri dari ratusan jenis yang bekerja secara satu kesatuan untuk membentuk sebuah nilai fungsi tersendiri. Jika ada salah satu bagian spare part mobil yang mengalami kerusakan tentunya akan sangat menganggu kinerja bagian yang lainnya, itulah mengapa harus diganti dengan yang baru. Memang jika dilihat sendiri memang tidak semua bagian onderdil mobil tersebut mudah mengalami kerusakan, melainkan hanya sebagian.

Ketahui Masa Ganti Spare Part Mobil Ini Secara Rutin

Adapula diantaranya yang memang wajib dilakukan pergantian bahkan secara berkala, sesuai dengan usia yang ada, karena sudah habis atau aus. Sehingga performa kendaraan juga bisa jadi lebih optimal. Berikut ini setidaknya ada beberapa macam spare part mobil yang wajib sering diganti untuk menunjang performa kendaraan tersebut, diantaranya adalah:

  1. Ban, masuk sebagai salah satu komponen yang sangat vital, roda ini memiliki kemampuan untuk membuat mobil berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya, karena terlalu sering dipakai untuk menyusuri jalanan yang sangat panas, bahkan juga jalanan yang berair, hal ini rentan menyebabkan bodynya menjadi tipis atau aus. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan wajib untuk segera diganti.
  2. Busy, sistem pengapian sebuah kendaraan berawal dari komponen yang satu ini, ketika mobil dinyalakan maka pertama kali listrik akan hidup dari bagian tersebut. Ketika sistem pengapian ini sudah cukup tua dan juga aus tentunya tak akan bisa mengeluarkan percikan api, sehingga kendaraan sudah pasti tidak akan menyala bukan.
  3. Wiper, sebenarnya tidak keseluruhan bagiannya, melainkan hanya pada bagian karetnya saja, karet wiper ini karena terlalu sering dipakai untuk menggosok permukaan kaca, sehingga paling rentan menipis dan juga rusak, agar performanya tetap maksimal untuk membersihkan kaca kendaraan, maka alangkah baiknya untuk rutin menggantinya dengan yang baru, hal ini juga berfungsi untuk mencegah baret pada kaca kendaraan.
  4. Kaca spion, bagi beberapa orang yang baru belajar berkendara pastinya akan sering mengalami masalah dengan spare part yang satu ini, karena tidak bisa memprediksikan jarak dengan kendaraan yang lainnya, sehingga menyebabkan kaca spion juga mudah sekali terbentur atau baret. Mau tak mau harus diganti dengan yang baru.
  5. Karburator, kerusakan pada bagian karburator ini bisa menyebabkan bahan bakar yang dimasukkan kedalam tangki kendaraan akan meluber kemana-mana. Untuk itulah jika karburator bermasalah hendaknya harus segera diganti dengan yang baru.

Selama bukan body yang paling vital, tak perlu keluar terlalu banyak uang untuk mengganti spare part mobil tersebut. Begitu juga dengan perawatan yang tepat biasanya jarak atau jangka waktu penggantian juga terbilang lama. Akan lebih baik menggantinya di tempat yang profesional untuk hasil terbaik.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Ketahui Masa Ganti Spare Part Mobil Ini Secara Rutin"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*