Kesalahan Umum dalam Perawatan Mobil yang Harus Anda Hindari

Kesalahan Umum dalam Perawatan Mobil yang Harus Anda Hindari

Memiliki mobil sendiri berarti harus merawatnya secara rutin agar kondisi mobil tetap maksimal dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Perawatan mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Banyak orang yang merawat mobil seadanya saja sehingga malah rentan terkena masalah. Oleh karenanya agar mobil bisa terawat dengan benar, berbagai kesalahan yang sepele sekalipun harus dihindari.

Kesalahan Umum dalam Perawatan Mobil yang Harus Anda Hindari

Berikut adalah kesalahan yang umum terjadi dalam perawatan mobil yang harus Anda hindari:

  1. Service tidak rutin. Pengecekan keseluruhan komponen mobil secara rutin merupakan ha yang harus dilakukan agar mobil selalu tampil prima. Banyak orang yang mengabaikan langkah ini karena menganggap bahwa mobil masih baik-baik saja. Asalkan rutin mengganti oli mobil tetap bisa berjalan. Anggapan demikian adalah anggapan yang salah. Service mobil Anda secara rutin sehingga mobil lebih terawat dengan baik. Kerusakan yang mungkin terjadi dapat diatasi sejak dini sehingga tidak mengeluarkan biaya yang lebih besar bila mengalami kerusakan.
  2. Balancing dan spooring hanya dilakukan seperlunya saja. Ini merupakan kesalahan yang benar-benar Anda hindari. Meski langkah ini dilakukan dalam jangka yang lama bukan berarti bisa diabaikan. Dengan melakukan balancing dan spooring dengan maksimal berbagai komponen bisa lebih tahan lama terutama mobil dan bahan bakar lebih irit.
  3. Menghidupkan mesin disertai menginjak gas. Ketika sedang memanaskan mesin di pagi hari dengan menyalakan mobil, banyak yang menginjak gasnya sekaligus. Hal ini dikarenakan oli belum sepenuhnya mengenai mesin sehingga mesin yang dijalankan saat beum terlumasi dengan baik akan berakibat pada kerusakan.
  4. Menggunakan sabun detergen ketika mencuci mobil. Salah satu hal yang fatal dilakukan banyak pemilik mobil adalah mencucinya dengan sabun biasa seperti detergen. Penggunaan detergen untuk mencuci mobil hanya akan membuat eksterior mobil berupa catnya lebih cepat mengelupas. Meski sekilas bersih dari debu dan kotoran, usia catnya akan semakin pendek sehingga hanya akan memperburuk tampilan mobil. Kalaupun hendak mengecat ulang akan memakan biaya yang tidak sedikit. Karenanya meski harga sabun khusus pencuci mobil mungkin lebih mahal lebih baik menggunakannya agar cat mobil lebih terawat dan tahan lama.
  5. Membersihkan lantai kabin mobil menggunakan air. Satu kesalahan lagi dalam perawatan mobilnya yang banyak dilakukan adalah mencuci bagian kabin mobil menggunakan air. Penggunaan air untuk mencuci kabin mobil dapat berakibat pada rusaknya komponen kelistrikan pada mobil.

Dengan memperhatikan berbagai kesalahan yang umum terjadi pada perawatan mobil Anda kini bisa lebih teliti dalam merawat mobil Anda. Kesalahan yang umum terjadi sebaiknya ditinggalkan sehingga mobil akan terawat dengan lebih baik. Bila mengabaikannya hanya akan berakibat buruk pada mobil Anda. Bukannya mobil semakin terawat justru akan retan terhadap kerusakan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Kesalahan Umum dalam Perawatan Mobil yang Harus Anda Hindari"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*