Kenali 4 Tanda Kapan Waktunya Ban Motor Anda Perlu Diganti dengan yang Baru

keselamatan selama di jalan. Motor atau kendaraan roda doa memang masih menjadi primadona bagi masyarakat di Indonesia, karena menjadi kendaraan pribadi yang ekonomis. Harga motor terasa semakin murah lantaran saat ini sudah difasilitasi layanan kredit dari berbagai leasing dan perbankan, maka jangan heran semua orang nyaris memiliki motor ini di rumah. Kadang kala anak muda yang baru menginjak lingkungan tempat kerja bahkan sudah mengaukan kredit motor.

Kapan Ban Pada Motor Harus Diganti?

Sebelum belanja ban baru untuk kendaraan roda dua yang dipakai, baiknya kenali dulu kondisi ban seperti apa yang perlu segera diganti. Sehingga tidak asal beli sebab harga ban dengan mutu bagus biasanya tinggi, Anda tentu tidak ingin membuang uang sia-sia bukan? Maka kenali beberapa kondisi berikut dimana ban memang wajib diganti:

  • Motif pada ban yang mulai memudar,

Semua ban khusus kendaraan, baik motor, mobil, maupun sepeda dijamin memiliki motif yang khas. Seiring berjalannya waktu maka motif ini akan semakin pudar sebagai tanda bahwa permukaan ban sudah terkikis ketika bersentuhan dengan badan jalan, maka perlu segera diganti.

  • Beberapa bagian ban sudah mengeras,

Ketika ban motor sudah terasa keras di beberapa bagian maupun keseluruhannya maka jangan ragu untuk diganti dengan yang baru. Biasanya ban atau karet pada ban menjadi keras karena faktor cuaca dingin di musim penghujan. Namun demi keselamatan tentu tidak rugi segera menggantinya, toh biaya yang dikeluarkan jauh lebih ringan ketimbang saat berobat di rumah sakit nanti. Mengetahui keras tidaknya tentu perlu dicek secara berkala dan bandingkan dengan ban baru supaya tidak keliru.

  • Usia ban sudah mendekati tanggal kadaluarsa,

Ban produksi pabrik bukan hasil usaha vulkanisir tentu akan dibekali dengan beberapa petunjuk penggunaan, salah satunya disematkan tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa. Mengetahui fakta ini tentu bisa menyimpulkan bahwa tidak hanya produk makanan dalam kemasan yang dibubuhi tanggal kadaluarsa. Ban kendaraan Anda pun demikian, dan umumnya terdiri atas beberapa deret angka dan baiknya tahu cara bacanya agar tidak salah tafsir. Kalau sudah dekat perlu segera diganti.

  • Permukaan ban yang terlihat bergelombang,

Khusus bagi Anda yang menggunakan motor matic tentu akan menjumpai kondisi ban yang permukaannya bergelombang. Biasanya motor jenis ini memang didesain menyatu dengan ban kecil dengan diameter yang rendah sehingga kalau sudah tidak layak pakai akan tampak bergelombang. Usahakan untuk mengecek permukaannya terlebih jika masa pakai sudah mendekati 2 tahun. Anda yang rutin mengecek dijamin tidak akan keliru menentukan waktu belanja ban motor baru dan diganti tepat waktu pula supaya berkendara tetap aman dan nyaman.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Kenali 4 Tanda Kapan Waktunya Ban Motor Anda Perlu Diganti dengan yang Baru"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*