Jangan Heran Jika Harga Motor Selalu Naik, Inilah Alasannya!

Kendaraan roda dua memanglah sudah menjadi kebutuhan utama para masyarakat pada masa yang berkembang ini. Hampir semua orang memiliki sepeda motor, tak jarang juga satu orang dapat memiliki dua kendaraan bermotor, hal inilah yang selalu menyebabkan semakin macetnya lalu lintas di jalanan. Akan tetapi meskipun harga motor memiliki kenaikan harga pada setiap tahunnya, tetap saja orang-orang mampu untuk membelinya. Bahkan sering dijumpai anak di bawah umur pun juga mengendarai kendaraan bermotor.

Adanya kenaikan harga pada sepeda motor tentu disebabkan karena adanya beberapa faktor. Pabrik kendaraan bermotor pun juga tidak dapat menaikkan harga secara sembarangan, sehingga dalam kenaikan harga sepeda motor pun selain kenaikan dari pabrik, ada pula dari faktor-faktor lainnya, misalnya pada nilai tukar rupiah terhadap uang dollar AS pun juga dapat mempengaruhinya. Adapun beberapa pabrik kendaraan bermotor yang tidak menaikkan harga, malah justru menghindarinya, karena kenaikan harga pada kendaraan roda dua sangatlah memiliki pengaruh yang besar dalam hal penjualan, walaupun kenaikan nya yang tidak seberapa.

Merosotnya pada nilai tukar rupiah yang terhadap uang dollar AS yang telah menyebabkan harga mengalami kenaikan pada kendaraan roda dua yang ada di Indonesia. Adapun dari salah satu pabrik kendaraan di Indonesia yang sangatlah berhati-hati dalam menaikkan harga agar para konsumen nya tidak merasa di beratkan mengenai hal tersebut. Karena dalam kenaikan harga motor pun tidak dapat dilakukan dengan mudah, membutuhkan waktu yang tidak singkat dalam memikirkan segala halnya, baik dari segi pabrik maupun dari para konsumennya.

Adanya kenaikan harga yang dilakukan selama tiga kali dalam setahun nya, hal ini bukanlah hal yang wajar, apalagi kenaikan harga tersebut karena adanya momentum khusus misal tahun baru, lebaran atau momen-momen yang lainnya. Seharusnya kenaikan pada harga hanya dapat dilakukan jika adanya peningkatan ongkos pada biaya produksi pabrik. Apabila ongkos dalam produksi didominasi dari komponen impor, maka rasionalisasi terjadinya peningkatan harga dapat terjadi karena disebabkan oleh adanya fluktuasi kurs yang ada pada saat ini.

Akan tetapi dengan adanya TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) menjadikan pada perubahan nilai tukar mata uang bukanlah menjadi faktor yang utama dalam kenaikan harga motor yang selalu terjadi dari tahun ke tahun. Sehingga faktor produksi lah yang seharusnya mendukung pada kenaikan harga karena kenaikan upah para pekerja serta inflasi. Akan tetapi upah para pekerja pun hanya mengalami kenaikan sekali dalam setahun, itu pun tidak ada gejolak pada ekonomi yang terjadi pada tahun itu. Ada beberapa produsen yang menaikkan harga setahun sekali, adapula yang menaikkan harga secara bertahap dalam setahun, jika dihitung maka keduanya memiliki kenaikan harga yang sama dari hitungan secara tahunan.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Jangan Heran Jika Harga Motor Selalu Naik, Inilah Alasannya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*