Jadikan Motor Trail Terawat dengan Baik Melalui 4 Usaha Ini!

Jadikan Motor Trail Terawat dengan Baik Melalui 4 Usaha Ini!

Bagi penggemar kegiatan off road dijamin akan sangat menyukai sensasi ketika membawa motor trail ke dalam kegiatan tersebut. Motor jenis ini memang tahan banting untuk melewati medan yang terjal dan sulit khas jalur yang terbentuk oleh alam secara natural. Mesinnya pun tangguh sehingga dipakai dengan gaya maksimal pun dijamin tetap memungkinkan melewati medan sulit dengan mudah. Meski dikenal sebagai motor yang tangguh dan bertenaga super, tetap saja merupakan jenis kendaraan bermotor. Otomatis memerlukan perawatan sebagaimana jenis motor lainnya.

Jadikan Motor Trail Terawat dengan Baik Melalui 4 Usaha Ini!

Agar Motor Jenis Trail Tak Mudah Rusak

Menjadikan motor jenis trail kesayangan yang dimiliki tidak lekas rusak maka penting untuk memberikan perawatan mumpuni, seperti:

  • Memeriksa dan merawat komponen rantai,

Rantai pada sepeda motor memegang peran vital agar memastikan roda pada motor berfungsi dengan baik. Pastikan motor tipe trail yang digunakan memiliki rantai yang kondisinya terjaga baik sebab kalau roda macet mendadak di tengah hutan bisa dibayangkan nelangsanya nasib Anda. Rantai ini harus diberi pelumas secara rutin jangan sampai kering hingga berkarat, kalau sampai terjadi maka segera ganti dengan yang baru.

  • Cek semua komponen mesin dengan seksama,

Rahasia kenyamanan selama mengendarai motor trail tidak lain dan tidak bukan adalah kondisi komponen mesin yang terjaga baik. Usahakan selalu mengecek semua komponen mesin setiap kali akan digunakan atau selepas melakukan off road. Sebab penggunaan motor dengan melintasi medan terjal dan main tancap gas membuat komponennya mudah aus. Maka penting untuk dicek berkala apalagi berkat komponen yang terjaga baik maka keamanan dan kenyamanan mengendarainya lebih maksimal.

Baca Juga:Jadikan Motor Trail Lebih Awet dengan 4 Perawatan Ini!

  • Selalu cek kampas rem dan kampas kopling,

Ketika mengendarai motor jenis ini dijamin akan bermain dengan gas dan kopling secara intens, maka penting memeriksa kedua komponen tersebut. Siapa tahu sebelum digunakan berkendara ternyata kondisinya sudah aus dan akan berbahaya kalau dipaksakan dipakai. Anda tentu tidak mau terjungkal ke jurang karena rem motor sudah blong atau karena adanya masalah pada kopling. Kampas rem dan kampas kopling memang wajib diganti secara berkala untuk memastikan rem dan koplingnya berfungsi normal dan keamanan pun terjamin.

  • Memperhatikan kebersihan motor secara keseluruhan,

Ketika mengendarai motor jenis trail ini dijamin kecil kemungkinan melintasi jalan raya yang mulus oleh aspal ataupun beton. Seringnya melewati jalur berlumpur dan berdebu tebal sehingga usai digunakan biasanya akan kotor luar biasa. Penting untuk langsung dibersihkan sebab noda seperti apapun memicu terjadinya karat, Anda tentu akan kehilangan performa dari motor tersebut. Maka segera cuci bersih selepas dipakai dan kalau terlalu lelah motor trail bisa dicuci ke salon cuci motor, sehingga lebih praktis.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Jadikan Motor Trail Terawat dengan Baik Melalui 4 Usaha Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*