Jadikan Motor Trail Lebih Awet dengan 4 Perawatan Ini!

Jadikan Motor Trail Lebih Awet dengan 4 Perawatan Ini!

Bagi kaum Adam dijamin sudah tidak asing dengan kendaraan bermotor jenis motor trail yang biasa dipakai balapan di ruang terbuka. Berbeda dengan motor sport model bongsor, motor jenis ini dipakai balapan di jalanan berlumpur dan biasanya terdapat banyak aral-lintang. Bagi pecinta balapan tentu lebih cocok membeli motor jenis ini ketimbang ikut-ikutan balapan liar. Motor lebih sesuai dan terdapat komunitas yang rutin mengadakan balapan secara resmi, tentunya di area yang resmi pula.

Jadikan Motor Trail Lebih Awet dengan 4 Perawatan Ini!

Menjadikan Motor Tipe Trail Lebih Awet

Harga motor beserta kelengkapannya memang tidak murah seperti motor biasa namun lebih sesuai untuk keperluan balapan. Supaya tidak tekor wajib merawat motor tersebut sebaik mungkin agar awet, dan adapun perawatannya antara lain:

  • Rajin menjaga kebersihan motor,

Sering dipakai atau tidak motor tipe ini wajib sekali dijaga kebersihannya, supaya tidak mudah mengalami korosi alias karatan. Ketika usai dipakai balapan dijamin akan kotor luar biasa maka biasakan untuk segera dicuci. Apabila tubuh terlalu lelah usai balapan, maka bisa dibawa langsung ke tempat cuci motor sehingga senantiasa bersih dan bebas karatan.

  • Memeriksa bagian rantai secara teratur,

Rantai menjadi salah satu komponen vital sekaligus mudah sekali rusak pada sebuah motor trail maka perlu diberi perhatian lebih. Usahakan untuk selalu diperiksa supaya sebelum digunakan Anda sudah memastikan bahwa rantainya baik-baik saja. Kemudian berikan cairan pelumas bila diperlukan sehingga rantai tidak seret dan tidak mudah patah ataupun remuk karena satu dan lain hal. Menjaga kebersihan komponen ini juga penting supaya tidak mudah berkarat karena dijamin sering karatan.

Baca Juga:Inilah Alasan Mengapa Motor Trail Banyak Disukai Oleh Para Petualang  

  • Gunakan cairan anti karat untuk bagian tertentu,

Motor jenis ini memang sering berurusan dengan karat karena memang sering melakukan kontak dengan debu dan lumpur selama balapan. Maka selain memperhatikan betul masalah kebersihan serta rutin memeriksa oli atau pelumas, juga wajib mengaplikasikan cairan anti karat. Cairan ini bisa dibeli di bengkel langganan atau ke toko sparepart dijamin tersedia dan penggunaannya cukup di semprotkan di bagian-bagian yang mudah berkarat. Salah satu contohnya adalah bagian rantai sehingga karat sudah bukan lagi momok menakutkan.

  • Selalu gunakan komponen yang sesuai dan berkualitas,

Untuk mempertahankan kualitas dari motor track Anda maka usahakan untuk selalu menggunakan sparepart terbaik. Apabila yang original sulit didapat atau karena harganya yang terlalu mahal maka bisa beralih ke sparepart bekas. Asalkan kondisinya masih bagus maka masih layak untuk digunakan meskipun sebagian besar pemilik motor ini akan memilih yang masih bersegel alias baru. Penggunaan sparepart terbaik dan original akan membantu menjaga motor tersebut tetap awet dan mumpuni, Anda pun akan selalu puas menjadikan motor trail tersebut sebagai teman balapan

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Jadikan Motor Trail Lebih Awet dengan 4 Perawatan Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*