Inilah Tips Merawat dan Menyetel Motor Trail yang Tepat

Inilah Tips Merawat dan Menyetel Motor Trail yang Tepat

Berbicara mengenai jenis-jenis hobi tentu tidak bisa terlepas dari permainan kendaraan trail yang dijadikan sebagai hobi banyak orang. Sampai dengan saat ini semakin banyak sekali produk motor trail yang ada di Indonesia, mulai dari harga terjangkau sampai dengan harga yang cukup mahal. Nah, hal itulah yang menjadikan Anda sebagai calon pembeli akan lebih banyak mempunyai pilihan yang sesuai dengan keinginan. Mengendarai motor jenis trail memang tidak seperti pada umumnya, perlu keahlian khusus yang tentu tidak bisa didapatkan begitu saja. Latihan dan kerja keras diperlukan sampai dengan pada titik Anda menjadi pemain trail profesional.

Inilah Tips Merawat dan Menyetel Motor Trail yang Tepat 

Penggunaan trail pada medan off road menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sendiri sebelum membeli, apalagi dalam perawatan. Karena banyak sekali hal yang membedakan antara perawatan motor biasa dengan jenis trail tersebut. Nah, jika Anda kesulitan untuk merawatnya berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan pada setiap bagian yaitu:

  • Oli.

Karena memang kondisi jalanan pengendara trail tidak biasa jadi lebih sering melakukan proses buka tutup pada bagian handle gas supaya mesin bekerja secara maksimal. Tetapi mesin menjadi lebih cepat panas dan oli lebih sering menguap, makanya sering-seringlah untuk melakukan pengecekan dengan melihat level pada oli mesin apakah sudah standar atau mungkin ketinggian.

  • Tuas gas.

Permainan gas sering kali dilakukan pada dunia off road, sehingga untuk penyetelan gas sendiri perlu untuk diperhatikan secara baik. Untuk mencegah kopling yang slip Anda bisa menghindari jarak yang lebih dari standar. Sangat disarankan untuk menghindari putaran handle gas dengan setengah kopling pada gas yang tinggi.

  • Rantai roda.

Seringnya mengalami gesekan rantai roda ketika motor trail berada di off road membuat aus pada rantai. Jika memang mengalami hal tersebut tentu Anda perlu melakukan pengecekan dan pengencangan pada bagian rantai roda Anda sebelum akhirnya terjun ke off road. Jangan sembarangan memberi minyak yang tidak sesuai pada bagian rantai.

  • Rim lock.

Lumpur merupakan salah satu medan yang sering kali digunakan oleh para pengendara motor jenis trail. Nah, ketika Anda berada pada medan tersebut sangat disarankan untuk menggunakan rim lock. Ini merupakan salah satu komponen yang dapat mengunci pelek dan juga ban luar.

Pada dasarnya memang perawatan diatas bukanlah secara keseluruhan yang diperlukan dalam jenis motor off road. Tetapi setidaknya diatas merupakan tips sedikit yang merupakan beberapa komponen penting pada motor trail. Untuk informasi mengenai perawatan yang tepat pada off road Anda bisa pelajari terlebih dahulu sebelum membeli. Karena untuk menjaga motor yang selalu siap dan performa bagus adalah dengan merawat secara tepat.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Inilah Tips Merawat dan Menyetel Motor Trail yang Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*