Inilah Penyebab Mesin Mobil Anda Panas

Untuk Anda yang seorang pengguna mobil, pasti tidak asing dengan istilah overheating. Overheating ini merupakan sebuah kondisi mesin yang tidak dapat bekerja dengan normal yang dikarenakan mesin mobil berada di atas suhu normal dari mesin tersebut. Jika hal ini Anda alami, akan lebih baik jika Anda segera mematikan mesin, karena jika nantinya tetap dipaksakan, hal ini akan berakibat fatal bagi diri sendiri serta kendaraan yang Anda miliki.

Penyebab tingginya temperatur mesin mobil panas biasanya dikarenakan oleh kerusakan radiator, thermostat, kebocoran di selang radiator, kurang normalnya fan serta water pump. Sistem kerja dari temperatur mesin normal dapat digambarkan seperti kondisi motor cooling fan dapat on serta off sesuai temperatur mesin yang ada di suhu 85C hingga 95C.

Sistem pendingin selain berada di PC atau pun laptop atau pun berbagai macam perangkat lainnya yang menggunakan mesin, bahkan untuk jenis kendaraan bermotor, rusak atau kurang bekerjanya mesin pendingin akan menyebabkan mesin mobil mengalami overheat. Kondisi mesin yang panas sering sekali dialami ketika kita melakukan perjalanan yang terlampau jauh. Tandanya dapat terlihat dari dashboard mobil.

Untuk mengatasi mesin yang ada di mobil yang overheating, terlebih dahulu Anda harus melakukan pengecekan secara pasti agar bisa mengetahui penyebab mesin ini panas. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan di dalam tahap pengecekan ini seperti mengecek oli rem, oli mesin, air yang berada di reservoir radiator, hingga air aki. Ciri dari overheating maupun suhu panas mesin mengalami kenaikan tinggi ialah mesin mengalami mati mendadak. Hal ini dikarenakan kita tidak memperhatikan indikator seperti panel yang ada di speedometer, hingga jarum indikator temperatur.

Setelah Anda mengetahui penyebab serta gejala, berikut tips agar mesin mobil yang Anda miliki tidak mengalami penyakit seperti overheating. Antara lain:

  • Radiator panas. Anda bisa melakukan pengecekan di radiator mobil. Terlebih dahulu cek isi air yang berada di dalam radiator. Segera tambah hingga ke batas upper. Bila kurang, lakukan pergantian. Jika masih kotor, Anda dapat menambah Long Life Cooland, setelah selesai melakukan pengecekan, periksa di bagian tutup,
  • Kondisi radiator. Beberapa bagian radiator yang harus Anda periksa seperti upper tank, dan lower. Pemeriksaan ini untuk jenis radiator yang menggunakan plastik untuk lower tank dan upper tank,
  • Radiator yang tersumbat. Tersumbatnya radiator ini menyebabkan air radiator tidak dapat mengalir dengan lancar, titik penguapan air sangat rendah yakni 100C, untuk suhu mesin dapat lebih dari 100C,
  • Kondisi selang dan klem radiator. Penyebab mobil macet bisa karena mesin panas atau selang pecah hingga klem yang kurang kencang. Hal ini menandakan jika kondisi selang dari radiator Anda sudah masanya untuk diganti.
Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Inilah Penyebab Mesin Mobil Anda Panas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*