Inilah Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Knalpot Motor Racing

Banyak yang suka memodifikasi motornya agar terlihat lebih gaul atau keren. Apalagi kalangan anak muda yang masih suka mengikuti gaya atau trend setiap zaman nya. Banyak juga yang suka meniru gaya dari tokoh idolanya, atau yang lainnya. Karena menurut mereka adalah gaya unik tersendiri yang bisa digunakan untuk menarik perhatian orang lain terutama lawan jenis. Terutama dalam hal model knalpot motor. Banyak yang suka mengganti knalpot mereka dengan knalpot racing.

Pada umumnya, knalpot racing mempunyai suara bising, tap juga ada yang suaranya merdu. Tergantung pemasangannya pada motor apa. Untuk penggunaan knalpot racing pada knalpot motor standard sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan. Karena lebih banyak memiliki efek negatif daripada efek positifnya. Dimana salah satu efek negatifnya adalah suaranya yang bising sangat mengganggu tetangga.

Keuntungan menggunakan knalpot racing:

  • Saat motor digunakan touring, dengan menggunakan knalpot racing bisa menghilangkan rasa kantuk saat di jalan.
  • Bisa memberikan sinyal pada pengendara lain. Tapi untuk yang satu ini hanya ada pada beberapa motor tertentu yang mengikuti komunitas motor. Karena bisa digunakan untuk sebuah kode yang ditunjukkan pada pengendara lain. Seperti misalnya waktunya lampu merah, istirahat, atau yang lain sebagainya.
  • Meningkatkan akselerasi atau performance power pada motor, walaupun tidak berpengaruh yang terlalu banyak.
  • Bisa menjual knalpot bawaan atau knalpot standard.
  • Dengan mengganti knalpot bawaan atau knalpot standard motor, bisa meningkatkan torsi yang ada pada motor tersebut baik 2 tak bahkan sampai 4 tak.

Kerugian menggunakan knalpot racing:

  • Suara motor jadi sangat berisik, sehingga mengganggu tetangga sekitarnya. Terutama anak kecil dan orang yang sudah tua.
  • Boros bahan bakar minyak. Dengan begitu akan sangat merugikan. karena kebanyakan motor dengan knalpot racing lebih sering digunakan untuk perjalanan jauh. Jadi akan boros pengeluaran.
  • Akan kena tilang polisi karena bukan knalpot standar umumnya motor. Karena bukan masuk dalam kategori standard nasional Indonesia, atau yang sering disebut dengan SNI.
  • Menyebabkan mesin motor cepat rusak. Karena bagian motor ada yang diganti dengan barang yang bukan ori, jadi akan mengganggu sistem kerja mesin yang lainnnya.
  • Memperlihatkan rendahnya rasa toleransi. Terbukti karena sangat mengganggu orang lain.
  • Mengganggu ibadah seseorang. Apalagi yang sedang khusuk beribadah. Pasti akan sangat terganggu.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian dalam mengganti knalpot motor Anda dengan knalpot racing. Yang tentu saja sangat banyak atau lebih banyak kerugiannya. Hal itu akan membuat Anda lebih mempertimbangkan lagi jika ingin mengganti knalpot dengan knalpot racing. Atau bisa hanya mengganti sewaktu ada event tertentu saja. Seperti touring, dan lain sebagainya. Jika sudah selesai ganti dengan yang standard lagi.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Inilah Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Knalpot Motor Racing"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*