Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Mobil Mesin Diesel yang Perlu Anda Pahami

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Mobil Mesin Diesel yang Perlu Anda Pahami

Mobil sekarang ini sudah bukan menjadi barang yang mewah lagi, karena semakin kesini bisa didapatkan dengan harga yang murah. Di Indonesia sendiri kendaraan roda empat tersebut dikenal dengan dua jenis mesin yang berbeda. Pertama ada mesin diesel da nada pula jenis mesin bensin yang mempengaruhi cara kerja yang beda pula. Untuk mobil penumpang memang lebih didominasi dengan jenis bensin, sementara untuk diesel lebih identik dengan mereka yang menggunakan kendaraan untuk kebutuhan komersil.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Mobil Mesin Diesel yang Perlu Anda Pahami 

Baik menggunakan mesin bensin ataupun diesel sebenarnya sama saja, tetapi memang ada beberapa bagian yang membedakan. Untuk perbedaan paling mendasar sendiri adalah pada bagian ruang bakar pemicu ledakan. Jika untuk jenis bensin ledakan karena terjadinya kombinasi busi, udara dan bahan bakar. Tetapi untuk jenis diesel menggunakan tekanan udara hingga mencapai pada suhu tertentu. Nah, berikut ini ada beberapa kelebihan menggunakan kendaraan bermesin diesel yaitu:

  • Usia lebih panjang.

Umumnya memang pada jenis diesel mempunyai usia yang lebih panjang karena material yang digunakan juga lebih kuat. Untuk diesel mempunyai kompresi yang lebih tinggi , suhu udaranya lebih panas sehingga memerlukan bahan bakar solar yang lebih maksimal lagi.

  • Torsi tinggi.

Lalu dilihat dari kekuatan yang dihasilkan oleh mesin jenis diesel, memang banyak yang mengatakan bahwa lebih kuat. Sebagai gambaran, kekuatan yang dihasilkan dari mesin yang menggunakan empat silinder pada diesel setara dengan mesin bensin yang menggunakan enam silinder.

  • Ekonomis.

Jika dari bahan bakar yang digunakan tentunya lebih ekonomis sekali dari pada jenis mesin bensin. Hal ini dikarenakan mempunyai rasio kompresi yang lebih tinggi dari pada mesin bensin, belum lagi harga bahan bakar yang relative lebih murah. Makanya tidak heran jika banyak masyarakat yang memilih jenis mesin diesel dari pada bensin.

  • Fleksibel.

Tidak sama dengan jenis mesin bensin karena untuk diesel bisa diaktifkan secara langsung dengan bahan bakar terbarukan tanpa perlu perubahan yang besar. Belum lagi untuk perawatan yang cukup mudah, murah dan tentunya tidak memakan waktu yang cukup banyak. Untuk jenis mesin bensin memerlukan beberapa sistem injeksi ataupun komputer yang tentu lebih rumit.

Nah, diatas adalah kelebihan yang bisa Anda perhatikan dari jenis diesel dari pada jenis mesin bensin. Namun dibalik itu semua tetap ada kekurangan yang perlu Anda ketahui pula, seperti untuk mobil mesin diesel memang lebih menghasilkan suara yang bising. Tentu saja hal itu karena pada bagian sistem pembuatan, suara bisa didengar secara langsung tanpa perlu alat bantu. Lalu juga lebih mahal dari pada mesin bensin, seperti yang diketahui bahwa jenis mesin tersebut memang dibangun dengan material yang cukup kompresi dan kuat.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Mobil Mesin Diesel yang Perlu Anda Pahami"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*