Inilah Cara Perawatan Motor Bebek dan Motor Injeksi yang Benar

Inilah Cara Perawatan Motor Bebek dan Motor Injeksi yang Benar

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan, kendaraan ini dipilih karena dapat melaju cepat dan dapat menyalip ketika berada dalam kemacetan. Menggunakan motor juga lebih baik karena dapat berhenti pada pinggir jalan tanpa harus memakan bagian jalan yang cukup besar. Saat ini ada beberapa jenis motor yaitu motor bebek, motor matic dan motor injeksi. Masing-masing motor ini tentunya memiliki kelebihan ataupun keunggulan sehingga banyak diminati. Pada artikel ini akan dibahas perawatan motor bebek dan juga motor injeksi dengan benar supaya motor lebih awet dan tetap memiliki performa yang bagus.

Inilah Cara Perawatan Motor Bebek dan Motor Injeksi yang Benar  

Motor bebek merupakan salah satu motor yang paling banyak dipilih karena lebih mudah jika memacu kecepatan tinggi dan lebih hemat terhadap penggunaan bahan bakar. Selain itu juga, mobil bebek ini sangat cocok untuk jiwa sporty. Motor bebek sudah memiliki banyak model dari berbagai produsen motor sehingga banyak dipilih namun perlu diperhatikan cara merawatnya. Berikut adalah cara perawatannya diantaranya: 

  • Lakukan pengecekan kondisi oli, jika oli memiliki warna yang hitam pekat dan kurang kental sebaiknya menggantinya dengan oli baru supaya mesin dapat bekerja dengan baik terutama untuk meredakan panas saat terjadi gesekan mesin.
  • Mengecek kondisi aki saat pemakaian sudah mencapai 2 tahun supaya motor tetap dapat digunakan.
  • Lakukan pengecekan pada rantai dan juga gigi, pastikan tidak terjadi kelonggaran dan kering pada rantai dan pijakan gigi masih bagus.
  • Lakukan pengecekan pada kabel koil dan busi karena jika tidak maka motor tidak dapat menyala.
  • Lakukan perawatan terhadap filter karburator, bagian ini merupakan bagian yang mudah rusak sehingga pengguna harus rajin mengeceknya.

Perawatan motor bebek ini perlu diperhatikan karena banyak sekali bagian kecil yang terkadang disepelekan. Bedanya dengan motor injeksi adalah teknologi pada mesin pembakaran untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum di bakar. Motor injeksi juga perlu dirawat dan memiliki perbedaan perawatannya. 

Berikut adalah perawatan untuk motor injeksi diantaranya:

  • Lakukan pemeriksaan terhadap ECU atau electronic control unit yaitu merupakan bagian penting dalam operasi sistem injeksi. Jika sistem ini terganggu maka kinerja injektor tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Pastikan memeriksa ECU secara berkala di bengkel.
  • Rawatlah busi dengan memperhatikan kondisinya secara rutin, jika tidak menghasilkan api yang maksimal pastikan untuk menggantinya dengan yang baru.

Beberapa perawatan motor bebek dan motor injeksi diatas perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan motor terutama mesinnya. Motor yang terawat baik akan dapat digunakan dalam waktu yang panjang dan akan tetap memiliki performa yang baik. Motor yang baik juga dapat membuat perjalanan pengendara aman tanpa terhambat karena adanya kerusakan yang serius pada motor.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Inilah Cara Perawatan Motor Bebek dan Motor Injeksi yang Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*