Inilah Beberapa Penyebab Knalpot Mobil Berasap yang Harus Anda Ketahui

Inilah Beberapa Penyebab Knalpot Mobil Berasap yang Harus Anda Ketahui

Mungkin Anda pernah menjumpai pada kendaraan mobil mengeluarkan asap pada bagian knalpotnya. Hal ini tentu akan sangat mengganggu dan tidak membuat nyaman. Selain itu juga menjadi salah satu sumber polusi yang membahayakan kesehatan. Jika pada ujung knalpot mobil Anda mengeluarkan asap putih maupun asap hitam, maka Anda harus waspada. Anda harus melakukan pemeriksaan sesegera mungkin pada kendaraan Anda untuk memastikan adanya kerusakan pada mesin mobil atau tidak.

 Inilah Beberapa Penyebab Knalpot Mobil Berasap yang Harus Anda Ketahui

Seringnya beberapa orang mengabaikan hal ini dan hanya menganggap masalah pada mobil yang mengeluarkan asap berwarna hitam. Padahal mobil yang mengeluarkan asap, baik berwarna putih, hitam, maupun biru mengindikasikan adanya ketidakberesan pada mesin mobil. Untuk itu jika Anda mengetahui pada kendaraan mobil Anda mengeluarkan asap, ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui agar bisa melakukan tindakan dengan segera:

  • Asap berwarna hitam

Jika pada knalpot mobil Anda mengeluarkan asap berwarna hitam, maka ada beberapa hal uang bisa menjadi penyebabnya.

  • Terjadi kelebihan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang silinder sehingga bahan bakar tersebut tidak bisa digunakan untuk pembakaran sepenuhnya pada ruang bakar. Jika asap hitam keluar melalui knalpot, maka akan menyebabkan mobil menjadi boros bahan bakar.
  • Karburator yang tidak di stel dengan baik.
  • Fuel pump yang mengalami kerusakan dan sensor bahan bakar yang kacau akan mengakibatkan ECU menyemprotkan bahan bakar lebih banyak.
  • Asap berwarna biru

Untuk mobil yang mengeluarkan asap biru, bisa disebabkan karena hal-hal berikut ini.

  • Adanya setetes oli yang masuk ke dalam ruang bakar sehingga menyebabkan asap yang keluar dari knalpot berwarna biru.
  • Umumnya hal ini banyak dijumpai pada kendaraan mobil yang berusia di atas 5 tahun atau mobil dengan jarak tempuh yang tinggi.
  • Oli mesin yang masuk ke ruang silinder lewat berbagai jalan.
  • Oli mesin bisa menuju ke ruang silinder melalui berbagai jalan, seperti misalnya seal, gasket, o-ring yang mencegah oli masuk ke dalam ruang silinder. Biasanya kerusakan terjadi pada seal yang rusak maupun ring piston yang rusak. Jika oli yang masuk ke ruang silinder menyebabkan busi menjadi basah, maka akan terjadi kesalahan pengapian dan berdampak pada silinder yang tidak mampu menghasilkan pembakaran yang sempurna.
  • Asap berwarna putih

Untuk knalpot mobil yang mengeluarkan asap putih tipis tidak akan terlalu membahayakan untuk mobil. Sifat asap ini hanyalah sementara dan akan menghilang dengan sendirinya. Asap putih yang muncul dikarenakan terjadinya kondensasi terutama saat ditengah-tengah cuaca udara yang dingin sehingga tidak membahayakan. Namun jika asap putih yang dikeluarkan knalpot cukup tebal, ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui.

  • Air coolant yang terbakar di dalam mesin.
  • Terjadinya kerusakan pada PCV (Positif Crankcase Ventilation).
Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Inilah Beberapa Penyebab Knalpot Mobil Berasap yang Harus Anda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*