Inilah Beberapa Kesalahan Kredit Motor yang Menjadikan Kesulitan Jangka Panjang

Inilah Beberapa Kesalahan Kredit Motor yang Menjadikan Kesulitan Jangka Panjang

Sepeda motor telah menjadi pilihan yang utama untuk masyarakat luas. Tak hanya di kota besar, di pedesaan pun sepeda motor juga mendominasi jalanan. Selain karena lebih simpel dan ukurannya yang lebih kecil dibanding mobil, sepeda motor juga menjadi kendaraan yang lebih bersahabat dalam hal harga. Dengan kemudahan pengajuan kredit motor, kini kian banyak masyarakat yang tertarik untuk bisa membeli motor.

 Inilah Beberapa Kesalahan Kredit Motor yang Menjadikan Kesulitan Jangka Panjang

Tidak hanya pandai dalam menghitung cicilan saja, Anda juga harus mewaspadai beberapa hal ketika berencana untuk mengajukan kredit. Kadang banyak orang yang tak mempertimbangkan jangka panjang ketika pengajuan kredit sehingga kesulitan di keuangan. Berikut ini beberapa kesalahan yang umum dilakukan ketika mengajukan kredit:

  • Tidak hitung keuangan sendiri

Sebelum putuskan untuk kredit, Anda wajib menghitung lebih dulu dengan saksama besarnya uang muka, total pembayaran hingga cicilan per bulannya. Hal ini bisa dilakukan untuk bisa hindari Anda ketika salah melakukan penghitungan sehingga hal ini bisa menjadikan Anda terlilit pada hutang saat kemudian hari. Perhitungan ideal cicilan yakni 30% dari gajinya. Untuk itu jika besaran cicilannya melebihi dari 30% gaji, maka Anda lakukan kesalahan besar yang nantinya akan mempengaruhi keuangan hingga jangka panjang.

  • Pilih perusahaan leasing yang tidak kredibel

Permintaan untuk kredit kendaraan saat ini menjadikan banyak sekali muncul perusahaan leasing yang baru. Masing-masing perusahaan ini berlomba untuk bisa berikan kemudahan dalam hal pembeliannya misalnya saja dana kredit yang mudah cair, bunga rendah, uang muka yang murah hingga tenor pinjaman panjang. Namun hati-hati dalam pemilihan perusahaan leasing. Anda wajib tahu dengan baik kredibilitas perusahaan tersebut karena saat ini banyak juga perusahaan leasing palsu. Tentu ini akan membahayakan data Anda dan keuangan Anda. Jadi, wajib cek reputasi perusahaannya.

  • Pilih jangka waktu kredit paling panjang

Kredit motor produknya saat ini sangat mudah ditemukan dimana-mana. Banyak perusahaan yang kemudian bersaing memberikan program yang mampu bebankan pembeli misalnya saja dengan menyediakan jangka waktu kredit yang sangat panjang. Memang sekilas akan mempermudah sehingga cicilan jadi ringan. Namun sebetulnya keuangan jangka panjang Anda akan merugi lantaran bunganya justru jadi lebih banyak serta hutang total pun Anda kian banyak.

  • Tidak perhatikan tanggal pembayaran

Terlambat membayar cicilan menjadi salah satu hal yang sangat umum terjadi. Namun Anda harus ingat dimana jika Anda terlambat maka Anda juga harus membayar biaya denda. Tentu biaya denda ini akan bisa jadikan uang cicilan jadi kian besar. 

Itulah beberapa kesalahan yang umum sekali terjadi dalam hal kredit motor. Pertimbangkan dengan baik dan pikirkan jangka panjang sehingga Anda bisa lebih bijak dalam memutuskan

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Inilah Beberapa Kesalahan Kredit Motor yang Menjadikan Kesulitan Jangka Panjang"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*