Inilah Alasan Kenapa Harga Motor Selalu Mengalami Kenaikan

Kenaikan harga dalam ilmu ekonomi disebut dengan sebutan inflasi, dimana terjadinya proses kenaikan harga barang maupun jasa yang menyebabkan mata uang merosot. Inflasi dapat terjadi karena adanya perubahan pada komponen perputaran roda ekonomi. Hal ini tidak hanya terjadi pada ekonomi saja, akan tetapi harga motor pun juga ikut mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Ada beberapa komponen penyebab terjadinya inflasi secara terus menerus, yaitu simak di bawah ini:

  • Terjadinya pergeseran pada tingkat penawaran.

Misal pada saat menjelang hari raya idul Adha, tentu harga jual kambing atau sapi akan mengalami peningkatan harga yang sangatlah luar biasa. Sehingga membuat orang yang tadinya bukan penjual kambing, alih profesi berjualan kambing atau sapi menjelang hari qurban karena pada hari qurban sapi atau kambing memanglah banyak yang mencari. Selain itu, saat menjelang hari puasa tiba, harga pangan pun juga mengalami peningkatan yang drastis karena banyak para warga yang menimbun bahan pangan sebagai persediaan.

Melihat contoh di atas, tidak hanya dalam hal pangan saja yang terjadi inflasi, akan tetapi kendaraan bermotor yang mana sudah menjadi suatu kebutuhan hidup utama manusia pun juga mengalami kenaikan harga dari tahun ke tahun. Karena faktor dalam nilai tukar uang rupiah terhadap dollar AS pun juga menjadi pengaruhnya. Tak hanya itu, kenaikan harga motor pun juga di pengaruhi oleh perubahan yang terjadi pada proses serta biaya produksi. Akan tetapi pada setiap produsen pun juga memiliki cara tersendiri dalam melakukan kenaikan harga. Ada beberapa produsen yang mengatakan bahwa menaikkan harga kendaraan roda dua tersebut hanya setahun sekali, ada juga yang melakukan kenaikan selalu bertahap dalam satu tahunnya. Apabila di hitung secara tahunan, seharusnya kedua sistem tersebut dapat menghasilkan tingkat kenaikan harga yang sama.

Akan tetapi dalam melakukan strategi dengan menaikkan harga sepeda motor tersebut sangat lah penting di lakukan seiring dengan adanya persaingan yang sangatlah ketat pada pasar, terlebih lagi dalam persaingan motor matic. Akan tetapi dalam kenaikan harga tersebut tidak dapat di lakukan sekali, maka nanti di pasar akan kehabisan. Sehingga kenaikan harga kendaraan roda dua tersebut di bagi-bagi secara bertahap dan menyesuaikan dengan kondisi pasar.

Strategi dalam sebuah perusahaan memanglah sangat penting. Karena dengan adanya strategi yang matang, perusahaan akan dapat berjalan secara terarah, harus kemana perusahaan itu pergi, dan harus bagaimana perusahaan tersebut berjuang dalam mempertahankan produk nya dengan persaingan di pasar yang sangatlah ketat. Perlu di ketahui, bahwa harga motor merupakan faktor yang paling utama bagi masyarakat dalam membeli sepeda motor.

 

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Inilah Alasan Kenapa Harga Motor Selalu Mengalami Kenaikan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*