Inilah 5 Cara Mudah Mengganti Sendiri Air Radiator Mobil

Inilah 5 Cara Mudah Mengganti Sendiri Air Radiator Mobil

Radiator mobil adalah salah satu komponen yang memiliki peranan penting untuk mendukung kelancaran sistem kerja atau performa sebuah mobil. Fungsi utama sebuah radiator adalah sebagai pendingin suhu mesin agar bisa mendapatkan sebuah temperatur yang sesuai agar mesin mobil tersebut dapat bekerja dengan optimal. Supaya komponen radiator ini awet, Anda harus melakukan perawatan secara rutin untuk memastikan keadaannya selalu bersih dan rajin mengganti air radiator setiap pemakaian maksimal 20.000 kilometer atau pada saat cairan radiator tersebut sudah berubah warna menjadi keruh.

Pada bagian atas radiator biasanya terdapat sebuah lubang kecil tempat memasukan cairan saat Anda mengganti air pada komponen radiator mobil Anda. Melalui lubang itulah Anda bisa memeriksa kondisi air dan keadaan radiator tersebut apakah ditumbuhi jamur maupun ada tanda-tanda korosi atau tidak. Anda tidak perlu repot-repot mendatangi sebuah bengkel mobil jika hanya untuk mengganti air pada radiator mobil, karena Anda bisa menggantinya sendiri di rumah dan caranya pun juga terbilang mudah. Untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengganti air pada komponen radiator mobil yang paling benar, simak ulasan berikut ini:

Inilah 5 Cara Mudah Mengganti Sendiri Air Radiator Mobil

  • Membuang sisa cairan.

Langkah pertama yaitu buka penutup pada lubang radiator bagian atas. Kemudian, buka juga baut yang terdapat pada tempat pembuangan air radiator yang terletak tepat dibagian bawah komponen radiator mobil Anda. Setelah itu, biarkan beberapa menit sampai semua air atau cairan dari dalam radiator mobil keluar semua.

  • Mengisi radiator dengan radiator coolant.

Setelah semua air atau cairan yang ada didalam komponen radiator telah keluar semua, maka tutup dan pasang kembali baut pada tempat pembuangan radiator dan isi radiator Anda menggunakan cairan pendingin radiator atau radiator coolant sampai ada air yang keluar melalui baut pembuangan.

  • Nyalakan mesin mobil.

Biarkan lubang penutup pada bagian atas radiator mobil Anda tetap terbuka, kemudian nyalakan mesin mobil Anda supaya kipas radiator berputar sampai temperatur pada speedometer berubah posisi menjadi setengah.

  • Periksa volume air.

Jika volume air pada radiator Anda masih kurang, maka Anda dapat menambahkan radiator coolant sampai pada batas maksimal dan jika sudah pas, maka pasang tutup radiator bagian atas.

  • Mengecek bagian tangki cadangan radiator.

Langkah terakhir yaitu jangan lupa untuk mengecek bagian tangki cadangan radiator, jika airnya sudah keruh atau kotor, maka bukalah tangkinya dan isi kembali dengan air bersih hingga batas maksimal dan tutup kembali tangki tersebut.

Baca juga http://autolapak.com/

 Itulah 5 cara mudah mengganti sendiri air radiator mobil yang bisa Anda lakukan dirumah. Sebagai tambahan, akan lebih baik jika Anda mengganti air pada komponen radiator menggunakan cairan khusus atau radiator coolant sebagai langkah perawatan supaya radiator bisa awet dan selalu dapat bekerja dengan maksimal.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Inilah 5 Cara Mudah Mengganti Sendiri Air Radiator Mobil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*