Ini Tips-tips Belajar Mobil untuk Para Newbie

tips belajar mobil

Anda ingin memiliki SIM A? Itu berarti Anda harus belajar bagaimana cara mengemudi mobil dengan baik dan benar. Anda akan memerlukan bantuan dari tempat-tempat kursus mobil yang profesional agar Anda bisa mempraktekkannya bersama dengan instruktur yang sudah berpengalaman, sehingga keamanan Anda terjamin. Namun belajar mengendarai mobil tidak hanya sekedar ikut kursus saja. Perhatikan tips belajar mobil berikut ini, agar Anda sukses mendapatkan SIM Anda nanti!

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari instruktur untuk belajar mobil yang baik. Ketika mencari instruktur ini, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu:

  • Cari instruktur profesional dari tempat-tempat kursus mobil. Mereka sudah terbiasa menghadapi siswa yang tegang dan grogi, serta bisa mengajari Anda dasar-dasarnya sebelum mulai.
  • Kecuali Anda punya orang tua atau anggota keluarga yang tegas dalam mengajar, sebaiknya hindari belajar dengan orang yang dekat. Ada batasan mental yang menghalangi mereka jadi instruktur yang baik bagi Anda.
  • Pilih instruktur yang sabar, tidak mudah marah, dan mengerti bahwa Anda masih grogi. Ini akan membuat Anda lebih rileks.
  • Pilih instruktur yang akan memberitahukan Anda bagaimana menjadi pengemudi yang baik, tidak sekadar bisa saja.

Saat Anda sudah mendapatkan instruktur yang cocok, saatnya memulai pelajaran yang sebenarnya. Berikut adalah tips belajar mobil lanjutan ketika Anda sedang dalam proses:

  1. Kenali fungsi bagian-bagian mobil

Sebelum mulai, Anda perlu tahu apa saja bagian-bagian mobil dan fungsinya. Dari rem, gas, kopling, cara menyalakan lampu, dll. Ini akan membantu Anda menghadapi berbagai kondisi di jalan.

  1. Hafalkan proses mengemudi

Terutama untuk mobil manual, hafalkan urutan cara menyalakan mobil, menambah kecepatan, cara berhenti, cara berjalan lambat, oper gigi, dll.

  1. Berlatih di tempat lapang

Sebaiknya mulai latihan di tempat yang lapang dan sepi agar Anda bisa berkonsentrasi dulu mengenai cara dan proses mengemudi yang benar, serta membiasakan diri.

Baca Juga : Tips belajar mobil agar cepat mahir

  1. Jangan langsung turun ke jalan

Jika Anda masih belum bisa menguasai proses mengemudi, sebaiknya jangan turun dulu ke jalan. Ini demi keselamatan Anda dan orang lain juga.

Tips-tips dasar tersebut perlu Anda lakukan lebih dahulu agar proses dan perkembangan Anda dalam belajar mobil relatif cepat dan lancar. Hal yang penting adalah Anda mampu menguasai mobil, dan bukan mobil yang menguasai Anda. Selama Anda memegang setir, Andalah yang memegang kontrol atas mobil, dan kendali Anda yang memutuskan bagaimana mobil akan berjalan.

Selain dasar-dasar di atas, selama Anda masih memiliki instruktur yang bagus, Anda juga perlu mempelajari tentang hal ini:

  • Belajar parkir, ini bisa dibilang adalah hal yang paling susah bagi para pengemudi. Bahkan banyak orang yang sudah memegang SIM sekalipun masih kesulitan melakukannya.
  • Belajar berjalan lambat di jalan yang menanjak, situasi ini membutuhkan Anda mengetahui cara terbaik memainkan gas, rem, dan kopling serta rem tangan agar mobil tidak melorot.
  • Belajar mengendarai di kemacetan, sehingga Anda bisa memperkirakan jarak antar mobil, belajar berhenti dan jalan terus-menerus, serta mengenali aturan-aturan jalanan.

Itulah beberapa tips belajar mobil yang bisa Anda praktekkan demi mendapatkan SIM A Anda. Bagi banyak orang, mengendarai mobil adalah hal yang berbahaya, bahkan yang sudah ahli sekalipun. Karena itu, tumbuhkan kebiasaan untuk menjadi pengemudi yang baik dan taat pada aturan, serta mau mengalah, sehingga keselamatan Anda serta penumpang di dalamnya terjamin.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Ini Tips-tips Belajar Mobil untuk Para Newbie"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*