Ini Dia Daftar Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui

Ini Dia Daftar Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui

Mobil listrik merupakan sebuah mobil dengan inovasi baru yaitu dapat digerakkan menggunakan motor listrik dengan bantuan sebuah energi listrik yang telah disimpan dalam baterai maupun jenis tempat penyimpanan lainnya. Belakangan ini jenis mobil yang digerakkan menggunakan listrik dan tanpa bahan bakar sedang menjadi pembicaraan yang populer. Hal ini dikarenakan mobil tersebut dinilai lebih ramah lingkungan dan dapat menghemat bahan bakar minyak. Selain itu, hadirnya mobil bertenaga listrik dengan berbagai fitur yang menarik juga semakin membuat mobil jenis ini mampu memiliki popularitas tersendiri.

 Ini Dia Daftar Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui

Mobil bertenaga listrik ini tidak membutuhkan bahan bakar berupa fosil untuk digerakkan, sehingga dapat mengurangi efek rumah kaca dan semakin menghemat pengeluaran Anda karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli bahan bakar minyak yang harganya selalu mengalami kenaikan. Selain itu, masih ada banyak kelebihan lain yang dimiliki oleh mobil jenis listrik ini, antara lain: 

  • Penggunaan energi yang terhitung lebih irit, yaitu berdasarkan sebuah percobaan bahwa pada jarak tempuh 120 km hanya membutuhkan dana setara 75 ribu untuk melakukan pengisian listrik sedangkan apabila menggunakan bbm dapat menghabiskan sampai 4 kali lipat dari biaya tersebut.
  • Emisi karbon yang dihasilkan juga terbilang sangat lebih rendah sehingga dapat mengurangi polusi.
  • Mobil listrik juga memiliki kemampuan spesial yaitu intelligent transport system atau dapat melakukan pengereman sendiri apabila terjadi tabrakan.
  • Perawatan jenis mobil ini juga sangat mudah karena tidak membutuhkan ganti oli dan cukup dengan melakukan perawatan baterai.

Hadir sebagai inovasi mobil baru yang dapat dikatakan anti polusi dan anti pemborosan untuk urusan bahan bakar minyak, akan tetapi, mobil dengan bahan penggerak energi listrik ini juga tidak bisa lepas dari beberapa kekurangan, antara lain: 

  • Jarak tempuh mobil jenis ini masih terbatas hanya mencapai 120 kilometer saja.
  • Penggunaan komponen baterai juga masih besar apabila ingin mendapatkan energi yang besar. Namun, jika Anda menggunakan bentuk baterai yang besar akan berpengaruh pada gerak kendaraan menjadi tidak maksimal.
  • Waktu pengisian baterai agar dapat menempuh jarak 120 km juga terbilang sangat lama yaitu selama 6 jam, sehingga masih membutuhkan inovasi teknologi untuk mempercepat pengisian baterai.

Itulah ulasan mengenai daftar lengkap kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang perlu Anda ketahui jika ingin membelinya. Anda bisa mendapatkan mobil jenis ini hanya pada dealer tertentu saja, karena jenis kendaraan roda empat dengan penggerak berupa energi listrik ini memang belum dijual luas dipasar otomotif Indonesia. Namun, dengan mengetahui apa saja keunggulan dan kelemahan mobil ini seperti di atas, Anda dapat menentukan apakah mobil dengan penggerak listrik ini sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda butuhkan atau tidak.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Ini Dia Daftar Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik yang Perlu Anda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*