Ingin Modifikasi Motor Injeksi? Hindari Otak-atik Bagian Ini!

Ingin Modifikasi Motor Injeksi? Hindari Otak-atik Bagian Ini!

Modifikasi motor bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan tampilan motor yang berbeda. Modifikasi sendiri bisa dilakukan dengan cara apapun dan untuk jenis motor apapun juga. Namun tak sedikit juga untuk memodifikasi maksimal, maka ada beberapa bagian di mobil yang harus dipotong atau diubah. Jika Anda pemilik motor injeksi, maka hal ini tak bisa dilakukan begitu saja melainkan juga harus dengan banyak pertimbangan karena banyaknya sensor peranti elektronik sensitif pada kelistrikan.

 Ingin Modifikasi Motor Injeksi? Hindari Otak-atik Bagian Ini!

Bagi para pemilik motor injeksi, Anda tidak boleh memodifikasi motor kesayangan dengan sembarangan melainkan harus dipertimbangkan dengan benar sehingga dari segi komponen tidak rusak. Berikut ini beberapa bagian di motor injeksi yang harus diperhatikan dan dihindari untuk diotak-atik:

  • Kunci kontak

Banyak sekali yang memodifikasi motor dengan mengganti sok depan sehingga bisa lebih besar atau model lainnya. Otomatis hal ini menjadikan segitiga atas dan juga kunci kontak harus diganti baru. Namun untuk motor injeksi, Anda harus lebih hati-hati dengan tetap mempertahankan kunci kontak yang orisinil. Hal ini karena kadang menjadikan mesin tidak mau menyala jika terkena kunci kontaknya.

  • Pompa bensin

Apabila Anda ingin modifikasi motor injeksi, jangan lupa juga jika tangki bensin pun sebetulnya jangan sampai di otak-atik. Apabila tangki bensinnya akan diganti dengan model custom, maka sebaiknya jika pompa bawaan bensin tersebut tetap dipertahankan. Posisi hingga kemiringan pada pompa bensin berubah yang kadang menjadikan kinerja tak maksimal. Jadi wajib waspada dalam penanganannya.

  • Bank angle sensor

Untuk beberapa tunggangan sport kini sudah dilengkapi bank angle sensor. Apabila rangka pada tunggangan itu dirombak total, maka tentunya posisi dari piranti akan berubah. Tapi agar mesin bisa tetap hidup, maka ada baiknya penempatan peranti tidak boleh secara sembarangan lantaran memiliki petunjuk. Jadi sesuaikan dengan petunjuk yang ada sehingga bisa tetap nyala.

  • ECU

Motor jika dimodifikasi total biasanya banyak sekali peranti yang berpindah posisi. Namun bila posisi ECU-nya berubah, maka ada baiknya untuk disimpan di bagian tertutup sehingga bisa hindari dari terkena air. Apabila posisi awal menghadap ke atas, maka usahakan jika letaknya sama layaknya semula sehingga bisa minimalisir gangguan di peranti itu. Oleh karena itu pastikan untuk mempertahankan posisi dari ECU ini sehingga tidak ada gangguan nantinya. 

Itulah beberapa bagian yang ada di motor injeksi yang harus diperhatikan ketika melakukan modifikasi. Modifikasi motor tentu boleh saja, namun jangan sampai fungsi motornya jadi terabaikan. Yang jelas, Anda harus tetap mempertimbangkan keamanan dan juga aturan dari kepolisian mengingat modifikasi juga tak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Ingin Modifikasi Motor Injeksi? Hindari Otak-atik Bagian Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*