Ingin Beli Helm Full Face? Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini!

Helm merupakan perlengkapan berkendara yang wajib untuk dikenakan karena berfungsi untuk melindungi kepala dari kejadian yang tidak mengenakkan ataupun mengurangi cidera misalnya karena kecelakaan. Ada beberapa jenis helm yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda dan salah satunya adalah helm full face. Helm ini memiliki design atau bentuk untuk melindungi kepala serta menjamin keselamatan dari kepala, telinga dan mata.

 

Sebelum Anda membeli helm yang melindungi keseluruhan kepala tersebut, Anda bisa lebih dahulu mempertimbangkan keunggulan dan kelemahannya. Keunggulan yang pertama adalah Anda bisa menjaga kepala Anda dari hujan saat musim penghujan dengan lebih maksimal. Hal ini disebabkan saat hujan, sering mengenai muka dan jika terkena muka langsung akan terasa sakit seperti ditusuk-tusuk. Dengan menggunakan helm yang menutup keseluruhan kepala, tidak hanya rambut Anda yang terlindung namun Anda juga bisa dapat melindungi muka Anda secara maksimal.

 

Kedua adalah keamanan Anda lebih terjamin. Hal ini disebabkan karena helm full face memang dirancang melindungi keseluruhan kepala baik kepala bagian depan ataupun bagian belakang. Sehingga jika secara tidak sengaja Anda mengalami hal yang kurang mengenakkan misalnya kepala Anda terkena ranting yang Anda tidak duga datangnya, kepala Anda tetap terlindungi dengan baik. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan di Amerika, menyebutkan jika sebanyak 60% kecelakaan mengenai area dagu ke atas termasuk bagian dahi dan mata. dengan full face helmet tersebut, bagian depan bisa terlindungi dengan maksimal termasuk di bagian belakang kepala dan leher. Walaupun harganya lebih mahal, namun sebanding dengan keamanan yang akan Anda peroleh.

 

Keunggulan lainnya dari helm yang full face adalah:

 

  • Penampilan Anda menjadi terlihat lebih baik. Anda pasti pernah melihat jika orang yang menggunakan full face helmet memiliki penampilan yang cenderung lebih menarik apalagi jika menunggani motor yang keren. Namun, jangan hanya digunakan untuk bergaya melainkan juga untuk keselamatan Anda.
  • Mampu membantu untuk menjaga wajah Anda dari debu, asap, kerikil, polusi udara yang banyak ditemukan di jalanan apalagi jika melewati tempat yang sedang diperbaiki.

 

Akan tetapi, pertimbangkan pula kekurangan dari helm full face ini agar Anda tetap nyaman saat mengenakannya. Kekurangan tersebut diantaranya adalah:

 

  • Rasa yang panas saat mengenakan helm. Hal ini disebabkan karena full face helmet memiliki design yang menutup atau melindungi kepala secara keseluruhan. Walaupun saat ini sudah ada yang didesain untuk sirkulasi yang lebih nyaman saat mengenakan helm namun rasa panas dalam helm tetap akan terasa.
  • Bagian dalam helm lebih rentan berkabut saat cuaca dingin atau saat musim hujan.
  • Akan terasa tidak nyaman saat Anda hendak bersin atau batuk.
  • Harga yang mahal.

 

Dari pertimbangan tersebut, Anda bisa memilih full face helmet sesuai kebutuhan Anda dan budget yang Anda miliki.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Ingin Beli Helm Full Face? Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*