Hobby Mengoleksi Mobil Tua? Perhatikan Dulu 4 Pertimbangan Ini Sebelum Membeli!

Beberapa orang memiliki kebiasaan unik dibandingkan dengan membeli kendaraan yang masih baru dan bagus di pasaran, maka mereka lebih suka mencari mobil tua atau yang sudah bekas. Bukan hanya masalah harga, melainkan juga bisa menjadi sebuah hobby baru dalam mengoleksi berbagai produk kendaraan yang sudah bekas memang. Mungkin sebagian diantara Anda juga memiliki kegemaran yang sama. Dengan banyaknya mobil bekas klasik yang di jejer di bagasi akan membuat Anda puas dalam melihatnya.

Kegemaran ini juga dapat mengantarkan pada peruntungan, karena tak sekedar yang usianya tua saja, melainkan juga koleksi yang klasik, produk mobil yang memang jarang muncul di pasaran kembali. Kolektor berani membelinya dengan harga yang sangat tinggi. Jika melihat dari segi tampilan luar, maka mobil yang usianya sudah tua pasti memiliki ciri khusus. Tampilan yang sudah jarang ditemui dibandingkan dengan yang populer saat ini, atau juga dari segi fitur yang ada di dalamnya, maka sudah sangat terbatas.

Khusus bagi Anda yang memang ingin membeli mobil tua ini, maka berikut setidaknya ada beberapa tips dalam pemilihan agar tak salah kaprah, diantaranya adalah:

  1. Lihat dari tampilannya terlebih dahulu, pertimbangan pertama dan juga masuk kategori yang sangat penting bagi Anda. Bagaimanapun tampilan adalah hal utama yang pastinya akan Anda lihat. Untuk itulah body luar harus benar-benar dicermati. Bagaimana kondisi dari catnya apakah sudah banyak yang mengelupas atau belum, begitu pula jika terjadi pengkaratan, seberapa parah masalah tersebut.
  2. Perhatikan kelengkapan surat-suratnya, inilah yang sudah tak banyak dimiliki oleh kendaraan yang usianya sudah tua, yaitu surat pendukung, kebanyakan pemilik sudah tak memperpanjang nya lagi, sehingga tidak aktif. Sudah pasti nantinya akan menurunkan harga jualnya dan tak bisa secara leluasa digunakan untuk berkendara di jalan raya bukan. Jadi Anda harus melihat dokumen penunjang sebelum memutuskan untuk membeli.

    Baca Juga: Review Mobil Tua Terbaik: Boss 429 Mustang (1969)

  3. Jajal secara langsung bagaimana kualitas dalam mengendarainya, tak ada yang lebih penting ketika membeli mobil bekas kecuali kualitasnya ketika digunakan berkendara, apakah masih tergolong bagus atau mungkin sudah tidak lagi. Test drive ini penting juga untuk melihat seberapa tinggi jarak tempuh dari kendaraan tersebut.
  4. Pemilihan ban dan juga velg juga sangat penting ketika membeli kendaraan ini. Ban merupakan bagian yang sangat menunjang sebuah kendaraan, tanpa bagian yang satu ini sudah pasti nantinya ia tak dapat melaju di jalan raya. Melihat dari jenisnya juga penting, karena banyak diantara komponen dari kendaraan lama yang tidak dijual lagi di pasaran. Sehingga harus hati-hati.

Sangat mudah, cukup dengan 4 pertimbangan tersebut, Anda tetap bisa koleksi mobil tua di bagasi yang kualitasnya bagus.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Hobby Mengoleksi Mobil Tua? Perhatikan Dulu 4 Pertimbangan Ini Sebelum Membeli!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*