Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Bekas

Menjual mobil bekas bisa dikatakan susah-susah gampang. Apalagi harga mobil bekas tentunya tidak bisa setinggi mobil baru, selain itu ada banyak faktor yang mempengaruhi harga dari mobil bekas, yaitu sebagai berikut:

Jarak Tempuh

Hal pertama yang mempengaruhi adalah jarak yang telah ditempuh oleh mobil. Mobil bekas yang telah menempuh jarak tempuh jauh tentunya harganya lebih murah dibandingkan mobil yang baru menempuh jarak yang pendek. Jarak tempuh ini berhubungan dengan kondisi mesin, mobil yang sering dipakai akan membuat kondisi mesin lebih lemah dan capek.

Perawatan Berkala

Selain jarak tempuh, perawatan mobil juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi murah atau mahalnya mobil bekas. Mobil yang dirawat secara rutin tentunya akan membuat kondisi mobil lebih baik dan performanya terjaga. Untuk itu, selalu rawat mobil di bengkel resmi sehingga data service lengkapnya tertera pada buku service. Apabila perawatan ini dilakukan dengan baik, tentu akan membuat harga jual mobil tetap terjaga dan tidak terlalu rendah. Calon konsumen pun tentu akan lebih memiliki kenyamanan dan kepercayaan untuk membeli mobil yang terawat meskipun itu mobil bekas.

Dokumen Legal

Apabila ingin membeli suatu barang, termasuk juga mobil bekas, tentunya konsumen akan mencari mobil yang legal. Hal ini selain menyangkut kenyamanan dan keamanan, juga karena menyangkut dengan hukum yang berlaku.

Konsumen tentunya tak ingin membeli mobil bekas yang tidak jelas asal-usulnya, karena bisa jadi mobil bekas itu hasil curian atau hasil dari tindak kejahatan. Oleh karena itu, jika ingin menjual mobil bekas dengan harga tinggi, maka harus diperiksa kembali surat-surat mobil tersebut sebelum dijual, seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), serta cocokkan nomor rangka dan nomor mesin mobil dengan data yang ada di dalam surat kendaraan.

Baca Juga: Lihat Harga Mobil Terbaru Honda Oktober 2016

Selain itu, cek pula status pajak STNK serta status kepemilikan BPKB, karena hal ini juga berpengaruh cukup signifikan terhadap harga. Jangan sampai pajak mobil mati atau belum dibayar, perhatikan pula status kepemilikan. Apabila penjual adalah tangan pertama yang memiliki mobil tersebut, tentunya akan dapat menjual mobil dengan harga tinggi.

Kondisi Fisik Mobil

Jatuh cinta biasanya berasal dari mata turun ke hati, begitu juga ketika akan membeli mobil. Apabila mobil memiliki kondisi fisik yang prima tentunya membuat harga mobil tinggi. Perhatikan cat bodi mobil, kondisi mesin mobil, interior mobil. Mobil yang memiliki lecet atau bekas dempulan pada bodi mobil tentunya akan membuat harga dari mobil bekas akan turun.

Itulah faktor-faktor yang memperngaruhi harga mobil bekas. Apabila ingin menjual mobil bekas dengan harga tinggi, maka penjual harus memperhatikan faktor-faktor di atas.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Bekas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*