Dunia Otomotif Motor: 4 Kiat Perawatan Ban Agar Selalu Seperti Baru

Membahas banyak hal di dalam dunia otomotif motor memang tidak akan pernah menemukan ujungnya, sebab ada saja hal menarik untuk dibahas. Apalagi perkembangan sepeda motor sampai saat ini berjalan dengan sangat pesat dan ditunjukkan oleh berbagai teknologi dan fitur yang menunjang motor keluaran terbaru. Bagi Anda yang memiliki motor lawasan tentu tidak perlu tergiur untuk membeli motor baru dan menjual yang lama. Sebab bisa jadi dengan sedikit perhatian dan melakukan beberapa modifikasi sederhana performanya tidak kalah tangguh dan canggih.

Menjadikan Ban Motor Selalu Seperti Baru

Setiap pengguna sepeda motor tentu menjumpai berbagai kesulitan selama memiliki motor kesayangannya, salah satunya kewalahan dalam merawat ban. Padahal harga ban tidaklah murah, rupanya untuk menjadikan ban motor selalu awet seperti baru bisa dengan melakukan beberapa perawatan berikut:

  • Menjaga tekanan ban sesuai standar,

Setiap pengendara sepeda motor tentu paham betul pengaruh tekanan ban pada kenyamanan saat berkendara. Tekanan ban yang kurang maupun berlebihan akan mempengaruhi gerakan motor itu sendiri. Rupanya tekanan yang salah juga membuat ban mudah rusak, maka jaga tekanan dalam kondisi normal sesuai standar.

  • Menjaga kebersihan ban motor kesayangan,

Ban motor yang sengaja dibiarkan kotor terlalu lama bisa membuatnya beberapa bagian mengeras sehingga daya cengkram di tanah atau jalan beraspal perlahan menurun. Maka dianjurkan untuk memperhatikan kebersihan ban motor tersebut, bisa dengan memakai sabun saat mencuci motor. Ataupun memakai zat pembersih khusus ban motor sehingga motor nampak mengkilap sekaligus awet. Memahami dunia otomotif motor tidaklah sulit, cukup telaten saja dijamin tidak hanya ban namun motor secara keseluruhan akan awet.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Dunia Otomotif Motor Banyak Digemari Oleh Pria

  • Menghindari kontak dengan zat mengandung minyak,

Bagi Anda yang memutuskan menjaga kebersihan ban motor menggunakan zat pembersih khusus. Apapun merek di pasaran, usahakan mengecek komposisinya sebab ban motor yang didominasi bahan karet cenderung mudah rusak jika mengalami kontak dengan minyak. Hindari berbagai zat mengandung minyak untuk mempertahankan elastisitas dan kekuatan karet pada ban. Pilih zat pembersih yang bebas minyak, cukup mengandalkan material air dan beberapa zat lain yang tidak memiliki efek sama seperti minyak tadi.

  • Memilih tukang ban handal dan terpercaya,

Ada kalanya ban mengalami kebocoran karena ada paku yang menancap ketika melintasi jalanan di kawasan tertentu. Anda pun akan sangat membutuhkan jasa tukang tambal ban, namun usahakan untuk memperhatikan kinerja mereka. Jika perlakuannya sangat kasar ada kemungkinan merusak kualitas ban yang dimiliki, umurnya pun bisa lebih pendek. Usahakan untuk memilih tukang ban handal dan paham cara memperlakukan ban motor supaya awet selayaknya baru dibeli kemarin. Dalam dunia otomotif motor ban memiliki peran penting, memperhatikannya adalah kewajiban.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Dunia Otomotif Motor: 4 Kiat Perawatan Ban Agar Selalu Seperti Baru"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*