Dunia Otomotif Mobil: Kenali 4 Kebiasaan Buruk yang Membuat Mobil Rentan Rusak

Dunia otomotif mobil selalu menjadi sebuah dunia yang asyik untuk diperhatikan, sebab banyak hal menarik di dalamnya bisa dijadikan sebagai ilmu baru. Mobil selama ini dikenal sebagai kendaraan mewah sebab sampai sekarang pemiliknya masih didominasi kalangan terbatas. Maklum saja sebab mobil memang tidak murah ditambah lagi biaya perawatannya pun tidak pernah bisa dikatakan murah. Jika belum memiliki penghasilan tinggi usahakan tidak nekat mengambil kredit mobil, sebab percuma kredit lancar namun untuk mengurus service sampai pajaknya terbengkalai.

Merawat Mobil dengan Menghindari Kebiasaan Buruk

Setelah mampu membeli dan merawat mobil maka baiknya dirawat dengan baik, tidak hanya rutin datang ke bengkel untuk service dan ganti oli. Namun Anda perlu pula menghindari beberapa kebiasaan buruk ini selama menyetir supaya lebih awet:

  • Tidak memberikan service rutin,

Service rutin bukan lagi sebuah kewajiban melainkan kebutuhan bagi siapa saja yang memiliki mobil. Selama service dilakukan maka mekanik akan mengecek kondisi mobil dengan seksama sehingga semua keluhan segera ditangani. Mobil pun semakin aman dan nyaman di kemudikan sehingga tidak pernah menjadi rongsokan selama Anda miliki.

  • Tidak memperhatikan penggunaan rem dan gas,

Di dalam dunia otomotif mobil banyak kasus dikeluhkan pemiliknya dikarenakan pemakaian rem dan gas yang kurang bijak. Sebelum memiliki mobil ada baiknya ketahui dulu bagaimana sistem kerja mesin mobil itu sendiri. Kemudian pastikan untuk menyetir sesuai dengan aturan, salah satunya berkaitan dengan pemakaian rem dan gas. Jika terlalu sering menginjak rem secara mendadak dan memacu gas mobil tiba-tiba dari berhenti maka akan memperpendek usia mobil tersebut.

  • Pindah gigi tanpa perhitungan,

Perilaku dalam mengemudi tak pelak menjadi salah satu alasan mobil bisa awet atau mungkin malah cepat rusak. Salah satu perlakuan yang memberi pengaruh besar adalah mengatur transmisi, khusus untuk mobil manual. Berbeda dengan mobil matic dijamin tidak akan kerepotan dengan perubahan transmisi karena sudah dibuat otomatis. Usahakan untuk memahami cara memindahkan gigi dengan benar, ketika melintasi jalanan mendatar dan menuju jalanan menanjak atau sebaliknya. Paham pengaturannya akan membantu menjadikan mobil lebih awet dan resiko kerusakan yang jarang

  • Kondisi ban yang tidak begitu di pedulikan,

Kondisi ban mobil sangat wajib untuk diperhatikan supaya bisa menjaga mobil tetap awet dan perjalanan selalu aman. Ban yang sudah rusak dan dipaksa tetap dipakai bisa meningkatkan resiko kecelakaan karena mudah tergelincir sewaktu jalanan basah oleh air hujan. Selain itu ban yang sudah rusak juga membuat konsumsi bahan bakar semakin boros. Maka periksa kondisi ban secara rutin, dan jika sudah tidak layak pakai segera beli ban baru, apalagi dalam dunia otomotif mobil ban menjadi komponen kunci yang wajib diperhatikan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Dunia Otomotif Mobil: Kenali 4 Kebiasaan Buruk yang Membuat Mobil Rentan Rusak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*