Deretan Motor RX King Legendaris yang Pernah Berjaya di Indonesia

Deretan Motor RX King Legendaris yang Pernah Berjaya di Indonesia
Deretan Motor RX King Legendaris yang Pernah Berjaya di Indonesia

Keberadaan Yamaha RX King sebagai motor 2 Tak begitu melekat di hati masyarakat dan hingga kini masih tetap bertahan. Buktinya banyak klub RX King yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Kepopuleran motor legendaris ini tidak lepas dari performa yang dimilikinya. Meski pesaingnya cukup banyak, namun motor ini mampu berlari cukup kencang dengan torsi yang mumpuni dan mesin 2 tak berkapasitas 132cc.

Yamaha RX King menggunakan karburator 25×1 MIKUNI sehingga membuatnya bisa berlari kencang. Selain itu, motor RX King ini juga memiliki tarikan yang mantan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan serta mode perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5. Perpaduan inilah yang membuat Yamaha RX King mampu mengeluarkan tenaga dan mampu berlari sangat cepat meski hanya bermesin 132cc. Sayangnya pemerintah Indonesia sudah melarang peredaran motor 2 tak ini karena dianggap tidak ramah lingkungan dan memiliki suara knalpot yang bising.

Kendati demikian, motor RX King masih banyak diminati oleh masyarakat. Dan jika Anda tertarik mengetahui setiap generasi Yamaha RX King, berikut informasi lengkapnya.

Deretan Motor RX King Legendaris yang Pernah Berjaya di Indonesia

Deretan Motor RX King Legendaris yang Pernah Berjaya di Indonesia

RX King Cobra

RX King Cobra adalah generasi pertama dari RX King yang diproduksi pada tahun 1982 sampai 1995. RX King Cobra ini memiliki tangki lebih besar dibandingkan motor RX King pada umumnya, serta menggunakan mesin 1 Silinder miring dengan sistem pendingin udara. Mesin jenis ini dikenal karena memiliki ketangguhan yang patut diacungi jempol karena tenaganya mampu mencapai 18.5 Horsepower dan torsi 1.54 kg. Dengan ketangguhannya ini, Yamaha RX King Cobra bisa digunakan untuk menaklukan jalan dengan berbagai jenis medan.

RX King Master

Kesuksesan RX King Cobra memotivasi Yamaha mengeluarkan motor RX King versi terbaru. Generasi selanjutnya adalah RX King Master yang dirilis pada tahun 1995. Motor ini sukses menarik perhatian masyarakat pada eranya. Apalagi RX King Master telah dilengkapi dengan teknologi YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System) yang membuat performa mesinnya semakin optimal.

RX-King Facelift

Pada generasi ketiga motor RX King, Yamaha meluncurkan RX-King Facelift pada tahun 2001. Perbedaan RX-King Facelift dengan pendahulunya terletak pada headlamp yang berbentuk oval serta dilengkapi kaliper dengan 2 piston. Tak hanya itu, RX King ini juga menggunakan spidometer yang lebih dinamis serta performa mesin 2 tak berkapasitas 132cc.

New RX King

Generasi motor RX King selanjutnya berada pada New RX King yang tetap diproduksi oleh Yamaha. Perbedaan New RX King dengan generasi sebelumnya adalah perubahan pada bagian headlamp menjadi bulat serta knalpotnya yang sudah dilengkapi catalytic converter. Sayangnya, Yamaha New RX King berumur pendek, karena pada tahun 2009, Yamaha berhenti memproduksinya larangan motor 2 tak yang dianggap tidak ramah lingkungan oleh pemerintah.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Deretan Motor RX King Legendaris yang Pernah Berjaya di Indonesia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*