Cari Mobil Murah, Bayar dengan Kredit: Sebuah Trik Mengakali Kebutuhan

Kredit mobil sejauh ini dianggap sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan harian akan alat transportasi. Kenapa seseorang harus memiliki kendaraan pribadi roda empat ini? Bisa karena sifatnya yang dapat digunakan kapan saja (fleksibilitas waktu), bisa pula karena tidak terlalu cocok dengan gaya mengemudi kebanyakan supir taksi daring (dalam jaringan/online). Karena pendapatan bulanan belum memungkinkan untuk membeli kendaraan secara tunai, jalan kredit pun ditempuh sebagai cara mengakali kelemahan finansial.

Kredit memang dianggap sebagai solusi. Namun, kredit mobil juga sebaiknya dilakukan dengan cerdas. Meskipun yang dituju adalah cara kredit, tetap saja dana yang dialokasikan secara keseluruhan tidak sedikit.

Jadi, bagaimana cara kredit mobil yang cerdas?

 

1 Pilih Sesuai Kebutuhan

Ini adalah aturan klasik dalam membeli barang. Agak sulit memang membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal yang dianggap sebagai kebutuhan seringkali justru tergolong dalam keinginan. Namun, beruntunglah Anda kalau kebutuhan itu juga tergolong sebagai keinginan.

Cara menggolongkan sebuah barang sebagai kebutuhan bisa dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut. Pertama, untuk tujuan apa Anda membeli mobil; mengantar anak sekolah, mengantar pasangan bekerja, atau sebagai sumber mata pencarian baru? Kedua, fungsi apa yang Anda cari dari sebuah mobil; kapasitas angkut penumpang, konsumsi BBM yang irit, atau mesin yang bandel? Ketiga, seberapa sering Anda bakal memakainya dalam sebulan? Keempat, apakah dalam waktu 5 tahun biayanya akan lebih murah daripada memakai taksi daring?

Buatlah daftar jawaban dari pertanyaan di atas, kemudian tulis jawabannya. Anda akan bisa melihat apakah mobil yang hendak dibeli tergolong kebutuhan atau keinginan belaka.

 

2 Utamakan Mobil Bekas

Karena harganya lebih terjangkau, memilih mobil bekas nan berkualitas seringkali dianggap sebagai langkah yang cerdas. Namun, ini hanya berlaku kalau Anda punya sifat apik merawat barang serta punya pengetahuan yang cukup soal mobil yang ingin Anda beli.

Kalau Anda punya kelemahan soal hal itu, terutama soal pengetahuan otomotif, ingat kembali seorang teman yang punya pengetahuan teknis luas tentang mobil. Kalau bisa yang pekerjaannya memang montir. Ajak dia ke showroom mobil bekas untuk membantu memilihkan mobil murah berkualitas untuk Anda. Dengan demikian, selain mendapatkan kredit mobil murah, pengetahuan yang ia punya bisa menutupi kelemahan Anda.

 

3 Biarkan Orang Lain yang Membayar

Apa prioritas Anda dalam melakukan kredit mobil? Tenor yang singkat (agar kredit segera beres) atau cicilan yang ringan? Tentu keduanya punya kelebihan dan kekurangan sendiri.

Namun, agar kredit mobil semakin ringan, biarkan orang lain membantu Anda dalam membayarkan cicilannya. Luangkan waktu Anda setiap hari untuk menjadi pengemudi taksi daring. Pendapatan yang masuk dari situ bisa digunakan untuk membayarkan cicilan mobil Anda sekaligus kebutuhan bensin dan perawatan hariannya. Anda pun tak harus membayar penuh cicilan mobil pilihan.

Pada akhirnya, kredit memang dianggap sebagai solusi finansial atas kebutuhan yang mendesak. Namun, banyak orang yang justru sering menyalahgunakannya. Alasannya macam-macam, bisa demi memenuhi standar gengsi, bisa karena kepincut desain bodi yang asyik, bisa pula demi memenuhi hasrat konsumerisme semata, bahkan tekanan pergaulan dari lingkungan sekitar.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk memiliki akal sehat sebelum memanfaatkan sarana finansial satu ini. Buatlah perencanaan yang matang dan rasional, karena begitu Anda salah perencanaan dan terdorong oleh faktor emosi (hasrat memiliki), bencana finansial bisa menghampiri Anda sekeluarga.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Cari Mobil Murah, Bayar dengan Kredit: Sebuah Trik Mengakali Kebutuhan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*