Cara Mudah Merawat Motor Matic Agar Tarikannya Tetap Nyaman

Cara Mudah Merawat Motor Matic Agar Tarikannya Tetap Nyaman

Di abad 21 popularitas dari kendaraan matic memang meningkat pesat dibandingkan dengan jenis kendaraan kopling, bukan tanpa alasan, melainkan karena motor yang satu ini memang menawarkan kemudahan dalam pemakaiannya jika dibandingkan dengan kendaraan biasa, hanya tinggal bermain gas dan juga rem saja, sangat nyaman dikendarai apalagi bagi kaum hawa yang pada dasarnya memang lebih senang praktis dalam berkendara. Namun sering kali mungkin Anda mendengar bahwa motor semacam ini juga mudah rusak dibandingkan dengan motor biasa. Sebenarnya tidak asalkan cara merawat motor matic yang diberlakukan benar.

Cara Mudah Merawat Motor Matic Agar Tarikannya Tetap Nyaman 

Memang benar jika seandainya untuk beberapa segi jenis motor matic ini memang memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan motor biasa, tak semua orang terkadang bisa melakukan perbaikannya sendiri, karena sistemnya yang lebih kompleks sehingga jika rusak maka secara otomatis harus membawanya ke bengkel. Untuk itu pastikan jika kendaraan tersebut tak sampai mengalami kerusakan.

 

Berikut ini diantaranya ada beberapa cara merawat motor matic yang bisa Anda aplikasikan, diantaranya adalah: 

  1. Pastikan untuk memanaskan motor setiap hari, entah itu digunakan untuk berkendara ataupun tidak dipakai, maka memanaskan motor ini adalah bagian yang sangat penting untuk memastikan agar performa mesin tetap dalam kondisi yang baik, kurang lebih lakukan pemanasan ini selama 5 menit.
  2. Jangan sampai kendaraan kehabisan bensin, jika pada bagian indikator bensin sudah menunjukkan jarum yang mendekati E, maka segeralah untuk mengisinya jangan sampai bahan bakar tersebut sampai kehabisan, karena kurang baik bagi mesin kendaraan tersebut.
  3. Ganti oli secara rutin, oli atau pelumas merupakan komponen yang sangat fital untuk sebuah kendaraan, karena berfungsi untuk menjaga mesin tetap berpelumas dan tidak saling bergesekan, jika sampai kehabisan oli, maka mesin bagian dalamlah yang akan rusak, biasanya kehabisan oli akan ditandai dengan beberapa gejala, untuk itu segeralah mengganti dengan yang baru. Pastikan juga untuk memakai oli yang berkualitas baik.
  4. Rawat aki dengan baik jangan sampai soak, komponen selain bensin yang juga menjadi sumber tenaga bagi sebuah kendaraan adalah aki, perannya adalah sebagai sumber tenaga untuk menghidupkan beberapa bagian seperti lampu indikator dan juga untuk membuat klakson tetap berfungsi sebagaimana mestinya, jika aki sampai habis atau soak, akibatnya beberapa komponen tak akan berfungsi dengan baik.
  5. Lakukan service secara berkala, agaknya jenis kendaraan yang satu ini juga butuh untuk disservice agar performanya tetap optimal ketika digunakan. Untuk itu jangan sampai Anda melupakan hal penting semacam ini.

 Mudah bukan, jangan lupa juga merawat motor dari segi estetikanya, seperti dengan mencuci secara teratur memastikan bahwa tampilannya tetap bersih.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Cara Mudah Merawat Motor Matic Agar Tarikannya Tetap Nyaman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*