Cara Merawat Motor dengan Menjaga Kondisi Knalpot dan Kampas Rem

Cara Merawat Motor dengan Menjaga Kondisi Knalpot dan Kampas Rem

Kemacetan jalan yang makin hari makin parah membuat sebagian orang lebih memilih berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Namun, kebanyakan pengendara hanya tahu mengendarai tanpa mengetahui bagaima cara merawat motor dengan baik dan benar. Sehingga tak jarang performa kendaraan mereka menjadi tidak maksimal saat dikendarai.

Cara Merawat Motor dengan Menjaga Kondisi Knalpot dan Kampas Rem

Merawat motor, selain dapat meningkatkan performa, juga dapat membuat kendaraan jadi lebih awet dan tahan lama. Oleh karena itu, pengendara wajib memperhatikan kondisi motor mereka, khususnya pada knalpot / lubang buang dan perawatan pada kampas rem. Berikut beberapa tips ampuh untuk merawat knalpot dan kampas Rem

Cara Merawat Knalpot Motor yang Baik dan Benar

  1. Tips merawat motor pada bagian knalpot yang pertama adalah saat melakukan pemanasan mesin, sebaiknya dilakukan secukupnya saja dan jangan terlalu lama karena knalpot orisini latau standar 4 tak cenderung kering dan panas yang dihasilkan mesin bisa menimbulkan karat dan kuning akibat menempelnya kotoran.
  2. Rajin membersihkan lubang buang dengan cara memberikan oli secukupnya ke dalam lubang silencer. Setidaknya lakukan pembersihan dua kali sebulan untuk mencegah terjadinya kebocoran atau mengeroposnya knalpot pada bagian silencer maupun leher knalpot.
  3. Jika knalpot Anda kotor, maka segera bersihan kotoran yang menempel dengan menggunakan sikat yang masih bagus dan kuat. Caranya mudah cukup oleskan detergen di bagian knalpot yang kotor lalu sikat dengan sekuat-kuatnya hingga kotoran tersebut hilang.
  4. Setelah membersihkan pipa knalpot, oleskan oli bersih pada leher knalpot ini dengan merata. Kemudian hidupkan mesin sekitar dua menit agar oli tersebut menyerap.
  5. Rajinlah memeriksa lubang pembuangan air yang terdapat pada bagian bawah silencer knalpot. Hal ini untuk memastikan tidak ada penyumbatan akibat kotoran yang menempel.
  6. Dan terakhir yang tak boleh terlewatkan saat merawat motor bagian knalpot adalah periksa kebocoran paking knalpot serta kekencangan baut penyangga knalpot. Mencegah proses pembuangan gas yang tidak sempurna dan dapat mengakibatkan borosnya pembakaran bahan bakar.

Tips Merawat Kampas Rem

Langkah pertama untuk merawat kampas rem motor adalah membersihkan tromol dan memastikan penampang cakram dalam keadaan bersih, serta pastikan juga permukaan dudukan cakram rata. Hal ini berfungsi agar piringan cakram nantinya berputar secara simetris sehingga beban kampas rem tidak berat. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan caliper dan pin secara rutin agar nantinya tekanan yang diberikan oleh kampas rem bisa sama rata.

Dalam merawat motor, khususnya pada kampas rem, bearing roda harus selalu diberikan pelumas berupa oli. Sebaiknya pemberian pelumas dilakukan secara teratur untuk menghindari terjadinya speling pada bearing. Terakhir adalah gunakan rem dengan semestinya. Sebaiknya Anda menjaga jarak dengan kendaraan lain saat berkendara untuk menghindari penggunaan rem yang terlalu sering. Penggunaan rem secara terus – menerus mengakibatkan kampas rem mudah terbakar, sehingga mengurangi umur kampas atau cepat habis.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Cara Merawat Motor dengan Menjaga Kondisi Knalpot dan Kampas Rem"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*