Cara Merawat Motor Baru dengan Benar

Cara Merawat Motor Baru dengan Benar

Bagi kebanyakan orang merawat motor merupakan hal yang susah-susah gampang terlebih jika motor tersebut masih dalam keadaan baru. Anda pastinya tidak menginginkan kondisi buruk terjadi pada motor baru yang dimiliki. Oleh karena itu Anda harus pintar-pintar dalam memilah dan memilih cara merawat kendaraan roda dua. Berikut ini akan disampaikan beberapa cara menjaga dan merawat kendaraan beroda dua dengan benar agar selalu tampil prima di setiap kesempatan.

Cara Merawat Motor Baru dengan Benar

Selalu Menjaga Kebersihan Motor

Sudah menjadi kewajiban setiap orang yang memiliki motor untuk menjaga kebersihan motornya. Hal ini juga harus Anda lakukan agar motor yang dimiliki selalu tampil kinclong. Selain itu keadaan motor yang bersih pasti akan membuat orang yang melihatnya pasti berfikiran bahwa motor tersebut terlihat seperti baru. Bukankah akan jauh lebih keren jika kendaraan yang Anda gunakan tampak berkilau dan bersih?

Hindari Membawa Beban yang Berlebihan

Apabila Anda memiliki motor baru sebaiknya tidak membawa beban yang berlebihan dikarenakan akan berpengaruh pada performa mesin. Kalaupun terpaksa harus digunakan untuk membawa beban berat diusahakan maksimal menempuh jarak 500 km. Motor baru harus mengalami kondisi penyesuaian sehingga tidak diperuntukkan untuk membawa barang yang berat dan berlebihan. Selain itu fungsi motor sebenarnya bukanlah untuk membawa barang melainkan untuk mengakomodasi seseorang untuk pergi ke tempat tujuan.

Memanfaatkan Servis Gratis

Ketika Anda membeli motor baru pasti akan mendapatkan garansi ataupun fasilitas servis gratis dalam waktu beberapa bulan. Namun jika sedang beruntung Anda dapat mendapatkan servis gratis hingga satu tahun. Sangat menguntungkan bukan. Manfaatkanlah fasilitas servis gratis tersebut sebagai salah satu cara merawat motor baru demi keawetan performa mesin kendaraan yang Anda miliki. Paling tidak kendaraan roda dua yang Anda miliki akan diservis secara teratur dalam kurun waktu tersebut. Pastinya Anda tidak akan dirugikan sedikitpun terkait fasilitas servis gratis ini.

Melakukan Pemanasan Mesin

Seperti halnya badan manusia yang digunakan untuk berolahraga harus melalui aktivitas pemanasan agar tidak terjadi keseleo ataupun terkilir. Penggunaan motor juga sebaiknya dimulai dengan pemanasan. Sebelum Anda menggunakan motor baru sebaiknya memanasi mesin kendaraan Anda. Tidak perlu lama-lama, lima menit saja sudah cukup untuk membuat kondisi mesin menjadi panas dan siap untuk digunakan beraktivitas. Selain itu waktu lima menit juga dirasa cukup karena apabila lebih dari lima menit pipa knalpot akan mengalami perubahan warna menjadi kuning dan dapat membuang bahan bakar secara percuma.

Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Tips merawat motor yang terakhir adalah menggunakan bahan bakar sesuai. Sepeda motor membutuhkan bahan bakar agar bisa digunakan. Pilihlah bahan bakar yang sesuai agar kualitas mesinnya tetap terjaga. Kesesuaian pemilihan bahan bakar akan berpengaruh terhadap performa mesin kendaraan Anda.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Cara Merawat Motor Baru dengan Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*