Cara Merawat Mobil Matic Agar Lebih Awet Dan Performa-Nya Tetap Terjaga

Banyak pendapat di dunia otomotif mobil bahwa menggunakan mobil jenis matic memerlukan biaya yang mahal, khususnya dari segi perawatannya. Belum lagi jika ada kerusakan mesin. Hal ini tidak semuanya benar, karena sudah banyak bengkel yang bisa memperbaiki mesin matic.

Dari segi perawatannyapun biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal, bahkan jika dilakukan dengan benar bisa lebih murah dibandingkan dengan mobil jenis transmisi manual. Pada mobil jenis manual, set persneling kopling nya harus diganti minimal setiap 2 tahun satu kali. Sedangkan pada jenis matic pergantian bisa dilakukan lebih dari 5 tahun, semua tergantung pemakaian.

Dalam artikel dunia otomotif mobil ini kami akan berbagi informasi bagaimana cara merawat mobil matik agar performanya tetap terjaga dengan baik dan lebih tahan lama. Langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Melakukan Perawatan Rutin

Perawatan menjadi salah satu faktor penting menjaga performa dan kekuatan mobil matic dan kendaraan lain pada umumnya. Banyak iklan yang mengiming-imingi bahwa menggunakan mobil matic bebas dari perawatan, hal tersebut tentu saja tidak benar. Karena setiap benda apapun jika ingin lebih awet harus dibarengi dengan perawatan. Perawatan yang jarang diperhatikan dan kadang luput adalah mengganti oli secara berkala dan rutin. Padahal mengganti oli merupakan hal vital dalam sistem matic karena fungsinya tidak hanya sebagai pelumas namun menjadi penerus bagi daya gerak mesin.

Baca Juga: Tips Mobil Matic Agar Tetap Awet dan Lincah

Kenali Kerusakan Mobil

Mengetahui kerusakan mobil matic juga merupakan hal penting. Karena Anda jadi mengetahui bagaimana cara merawatnya dan solusi tepat mengatasi masalah sesuai dengan kerusakannya. Beberapa tanda kerusakan yang umumnya terjadi pada mobil matic antara lain koplingnya slip. Masalah tersebut mengakibatkan ketidakseimbangan putaran mesin dengan laju mobil. Mesin akan meraung dengan laju yang tinggi namun jalannya tidak seimbang.

Memeriksa Rutin Mobil

Dianjurkan bagi pengguna mobil matic harus memeriksa mobilnya secara rutin. Lihat kondisi mesin dan volume oli yang posisinya di atas gearbox. Apabila volume oli berkurang atau mengeluarkan bau gosong, segera bawa ke bengkel mobil terdekat.

Menjalankan kendaraan di kondisi jalan yang sering macet seperti di kota-kota besar memang lebih nyaman menggunakan mobil sistem matik dibandingkan dengan transmisi manual. Agar lebih nyakan bagian persnelingmatik membutuhkan perawatan khusus dibandingkan dengan transmisi manual, terutama pada bagian girboxnya.

Dunia otomotif mobil banyak ragamnya, termasuk segi perawatannya harus sesuai dengan jenis mobil itu sendiri. Termasuk hal-hal yang dianggap sepele, misalnya jangan memasukkan tuas ke posisi P apabila mobil metik belum benar-benar sepenuhnya berhenti atau jangan membiarkan mobil parkir dalam posisi D, karena bisa menyebabkan plat kopling cepat rusak.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Cara Merawat Mobil Matic Agar Lebih Awet Dan Performa-Nya Tetap Terjaga"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*