Cara Merawat Ban Pada Mobil Murah dengan Benar dan Tepat Agar Awet

Cara Merawat Ban Pada Mobil Murah dengan Benar dan Tepat Agar Awet

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak di Indonesia dan paling sering digunakan terutama jika digunakan untuk membawa barang yang jumlahnya cukup banyak. Agar mobil tersebut awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Salah satu komponen yang harus dijaga dengan benar adalah ban mobil terutama jenis mobil murah dimana bannya sudah dipergunakan atau setengah pakaiJika mobil tidak menggunakan ban maka mobil tersebut tidak bisa digunakan.

 Cara Merawat Ban Pada Mobil Murah dengan Benar dan Tepat Agar Awet

Untuk menjaga ban kendaraan roda dua tersebut, ada beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah menghindari pengereman mendadak. Pengereman biasanya terjadi karena berbagai macam faktor dan salah satunya adalah karena Anda suka ngebut dan sering melakukan rem mendadak. Pengereman mendadak tersebut bisa menyebabkan ban menjadi semakin tipis dan lebih rawan bocor.

 

Ketiga adalah menjaga tekanan ban standar. Jika tekanan udara di dalam ban pada mobil murah terlalu keras maka bisa menyebabkan ban mobil lebih mudah selip. Sedangkan jika tekanan pada ban dibawah standar atau terlalu rendah bisa menyebabkan kontur ban rusak dan velg penyok sebab digunakan untuk melintasi jalan berlubang. Jika dibiarkan maka Anda harus mengganti velg tersebut dengan komponen mobil yang bisa Anda beli di toko online yang menjual komponen atau onderdil mobil.

 Baca Juga : Lakukan Tips Modifikasi Mobil Berikut Ini Agar Lebih Nyaman Saat Digunakan

Keempat adalah hindari membawa beban terlalu banyak. Tidak sedikit orang yang membawa beban lebih banyak dibandingkan yang disarankan atau yang bisa ditahan oleh mobil tersebut. Jika bebannya lebih dari beban maksimal, hal tersebut tidak hanya bisa mempengaruhi kerja ban namun juga bisa merusak shock breaker pada mobil Anda. Kelima adalah perhatikan medan yang hendak Anda lalui. Jika Anda tinggal di tempat dengan jalan yang bergelombang, maka pacu mobil Anda lebih pelan agar Anda tidak hanya bisa membantu untuk menjaga keawetan komponen mobil namun juga membuat Anda lebih bisa untuk mengendalikan mobil Anda.

 

Keenam adalah memilih ban yang tepat untuk mobil Anda. Bila Anda tinggal didaerah dengan kondisi jalanan yang rata dan beraspal, Anda bisa untuk memilih jenis ban racing dengan ukuran yang tidak terlalu kecil ataupun tidak terlalu besar. Ban yang terlalu kecil lebih mudah slip dan jika terlalu besar, kecuali mobil Anda adalah mobil besar, akan membuat Anda susah untuk mengendalikannya. Jika Anda tinggal di tempat yang kondisi jalanannya berlumpur ataupun bergelombang, sebaiknya pilih jenis ban offroad. Jika Anda bingung memilih ban untuk mengganti ban pada mobil murah Anda yang sudah aus atau ingin disesuaikan dengan tempat dimana Anda menggunakan jenis ban tersebut, maka Anda bisa juga menanyakannya ke bengkel sehingga Anda bisa menentukan ban yang tepat untuk kendaraan beroda empat milik anda.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Cara Merawat Ban Pada Mobil Murah dengan Benar dan Tepat Agar Awet"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*