Cara Memilih dan Merawat Ban Motor dengan Benar dan Tepat

Cara Memilih dan Merawat Ban Motor dengan Benar dan Tepat

Salah satu bagian motor yang cukup penting adalah ban motor. Ban harus terdapat pada motor sebagai penggerak ketika motor akan dijalankan. Ban haruslah memiliki tekstur dan model yang dapat digunakan untuk jalan dengan kondisi mulus dan untuk jalan rusak ataupun tidak rata. Saat ini ada banyak sekali model ban yang dapat dijadikan sebagai ban variasi, biasanya pengendara menggunakannya untuk membuat motor lebih tampil elegan. Terkadang pengendara juga harus memperhatikan kondisi ban biasanya ban yang sudah lama digunakan akan gundul dan perlu diganti. Untuk itu perlu diperhatikan cara memilih serta merawat ban.

Cara Memilih dan Merawat Ban Motor dengan Benar dan Tepat  

Banyaknya model ban ini membuat banyak orang bebas memilih sesuai dengan keinginannya, namun banyak orang juga tidak memperhatikan cara memilih ban yang benar. Sebagai pengendara perlu mengetahui apa saja jenis ban yang dapat dipilih untuk kegiatan harian. Berikut adalah cara memilih ban untuk harian diantaranya:

  • Ban kering dan basah merupakan tipe ban yang sangat baik digunakan untuk jalanan basah dan kering. Ciri ban ini memiliki alur yang tidak banyak dan traksinya bagus. Isilah.
  • Ban kering memiliki sedikit alur atau sama sekali tidak memiliki alur. Ban ini sangat baik untuk jalanan yang kering dan mulus.
  • Ban basah merupakan tipe ban untuk jalan yang basah sehingga memiliki banyak alur hingga tepi ban untuk membuang air saat berputar melewati jalan yang basah. Traksi pada ban akan menurun jika melewati jalanan kering.
  • Pilih ban yang sesuai dengan ukuran velg yang digunakan.
  • Pastikan melihat tahun pembuatan ban untuk memastikan ban yang dipilih masih bagus dan berkualitas untuk digunakan.

Beberapa cara diatas sangat penting untuk diperhatikan oleh para pengendara motor terutama bagian pengendara yang lintas daerah. Musim yang silih berganti membuat pengguna harus cerdas memilih dan disarankan menggunakan ban kering dan basah sehingga aman untuk dua kondisi jalan basah maupun kering. Ban motor yang baik tentunya juga perlu dirawat untuk tetap lebih awet dan tetap bagus saat digunakan.

Berikut adalah cara merawat ban diantaranya:

  • Isilah ban dengan nitrogen untuk meredam panas sehingga tekanan angin dalam ban tetap stabil.
  • Bersihkan kotoran dan batu pada alur ban karena dapat merobek ban.
  • Rutin memeriksa tekanan angin dalam ban.
  • Hindari untuk memarkir motor di tempat terbuka dengan matahari langsung.
  • Hindari jalan yang berlubang dan pengereman secara mendadak.

Menggunakan ban motor yang sesuai akan mempengaruhi perawatan ataupun keawetan ban yang digunakan. Oleh sebab itu pastikan tetap memilih ban sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan serta rawat ban untuk tetap tahan lama. Penggunaan ban juga perlu memperhatikan bagian pentilnya karena apabila rusak maka angin ban akan keluar.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Cara Memilih dan Merawat Ban Motor dengan Benar dan Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*