Cara Melakukan Perawatan yang Tepat Agar Motor Gede Anda Bisa Awet

Kalau Anda menyukai motor bergaya sport maka dijamin akan jatuh cinta pula dengan berbagai pilihan motor gede. Banyak sekali produsen kendaraan roda dua yang saat ini menghadirkan motor besar, meskipun ada beberapa merek yang menjadi legenda, sebut saja seperti Harley Davidson. Terlepas dari merek apapun motor besar yang dimiliki dijamin akan memiliki rasa bangga dan lebih percaya diri ketika mengendarainya. Supaya semakin nyaman sekaligus tetap percaya diri tentu si pemilik wajib memberikan perawatan terbaik sekaligus rutin.

Apa Saja Bentuk Perawatan untuk Motor Besar?

Motor besar memiliki desain body yang lebih bongsor dibanding motor biasa pada umumnya, tentunya banyak pula kecanggihan yang disematkan. Supaya awet dan tetap enak dikendarai maka berikan perawatan yang semestinya dan bentuk perawatan tersebut antara lain:

  • Pastikan rajin mengganti oli,

Oli adalah modal penting bagi sebuah kendaraan untuk bisa bergerak dengan normal dan memberi keamanan pada penggunanya. Semua motor tentu memerlukan oli yang bersih dan berkualitas, lebih-lebih pada motor besar yang butuh perhatian ekstra. Sebab motor besar ini sangat memerlukan kinerja mesin optimal sehingga wajib rutin mengganti oli.

  • Gunakan bahan bakar berkualitas tinggi,

Bahan bakar memang menjadi modal bagi semua kendaraan untuk bisa dijalankan dan digunakan untuk menuju sebuah lokasi. Jenis bahan bakar sendiri ada beberapa namun tentunya untuk pemilik motor gede wajib memilih yang berkualitas. Misalnya saja menggunakan bahan bakar jenis Pertamax Plus yang masuk kategori RON 95 untuk memastikan mesin bekerja optimal dan terhindar dari sampah berlebih. Kalau sudah memakai bahan bakar yang bagus maka mesin akan awet.

  • Cek sistem kelistrikan secara teratur,

Kalau boleh jujur sistem kelistrikan yang terdapat di dalam motor besar sudah terkompeterisasi sehingga jauh lebih modern ketimbang motor biasa. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kestabilan arus listrik untuk menjadikan motor bergerak dengan baik dan aman. Banyak motor mudah mogok karena memang sistem kelistrikanya kurang terawat dengan baik. Kerusakan ini akan lebih mudah dialami oleh motor besar sehingga wajib mengecek sistem kelistrikan tetap normal. Maka kunjungi bengkel resmi secara rutin untuk menghindari masalah.

  • Selalu memperhatikan tekanan angin di ban,

Banyak pengguna motor besar mengaku sempat stress ketika tidak menyadari tekanan ban kendaraannya kurang meski sedikit. Pasalnya ketika tekanan anginnya kurang akan berimbas pada ketidaknyamanan ketika mengendarai motor tersebut. Sebagian besar mengaku merasa menaiki motor yang velgnya sudah rusak parah, maka penting untuk mengecek kondisi tekanan ban. Pastikan stabil dan sudah sesuai kebutuhan supaya enak dikendarai dan menghindari kerusakan ketika di tengah jalan. Memahami pentingnya tekanan angin ban pada motor gede memberi efek super nyaman setiap kali dikendarai.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Cara Melakukan Perawatan yang Tepat Agar Motor Gede Anda Bisa Awet"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*