Bingung Merawat Mobil yang Tepat Seperti Apa? Ini Cara Mudah dan Bisa Hemat Biaya!

Bingung Merawat Mobil yang Tepat Seperti Apa? Ini Cara Mudah dan Bisa Hemat Biaya!

Mobil menjadi alat transportasi yang penting sekali untuk saat ini, meskipun bukan satu-satunya tetapi banyak orang yang memilih menggunakan mobil untuk mobilitas setiap harinya. Namun yang banyak disayangkan adalah ketika semakin banyak orang yang bisa mengendarai mobil tetapi tidak diimbangi dengan pengetahuan merawat mobil dengan tepat. Inilah yang dapat menjadi salah kaprah, karena tanpa perawatan yang rutin, baik dan tepat mobil tidak akan bisa digunakan dengan baik.

 Bingung Merawat Mobil yang Tepat Seperti Apa? Ini Cara Mudah dan Bisa Hemat Biaya!

Baik buruknya performa mobil itu didasari dengan banyak hal, salah satu yang paling penting adalah perawatan yang tepat. Nah, berikut ini ada beberapa langkah merawat kendaraan roda empat yang Anda miliki dengan tepat yaitu:

  • Pemilihan bahan bakar.

Yang menjadi faktor utama mobil dapat berjalan atau tidak adalah ketersediaan bahan bakar didalamnya. Nah, banyak sekali pilihan bahan bakar yang dapat digunakan tetapi Anda tidak bisa menggunakan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan mesin mobil Anda dan pahami cara untuk menghematnya.

  • Ganti oli dan filter secara teratur.

Kedua adalah memperhatikan penggantian oli mobil secara rutin, artinya harus selalu dilakukan pengecekan. Tanpa dasar cara merawat mobil ini akan mempengaruhi sekali performa di jalanan. Umumnya mesin juga akan mengalami masalah ketika oli berkurang, secara otomatis timbul kerusakan yang lain.

  • Air radiator.

Tidak berbeda dengan oli, untuk pengisian air radiator juga sangat penting sekali untuk diperhatikan dengan baik. Jika Anda baru saja mempunyai mobil, ada baiknya untuk selalu melakukan pengecekan pada air radiatornya. Jangan sampai kekurangan karena itu dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil.

  • Cek cairan lainnya.

Didalam sebuah mesin mobil itu terdapat banyak sekali cairan yang digunakan dan semuanya penting. Seperti pada aki, minyak, air wiper dan lainnya dengan fungsi dan manfaat masing-masing. Semuanya penting sekali makanya jangan sampai Anda lalai dalam memperhatikan setiap cairan yang dibutuhkan mesin.

  • Cek busi, lampu dan timing belt.

Ada banyak sekali yang menyebabkan mobil Anda mengalami performa yang kurang baik, salah satunya kerusakan pada busi, lampu ataupun timing belt. Tidak heran jika bagian tersebut termasuk dalam hal penting yang harus selalu diperhatikan dengan baik.

Diatas merupakan beberapa bagian yang sering sekali mengalami masalah dan dapat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Tetapi selain beberapa hal tersebut ada yang paling penting lagi yaitu selalu panasi mesin mobil ketika akan digunakan dan mengecek kondisi ban serta kelengkapan lainnya. Nah, ini penting sekali karena pada dasarnya merawat mobil itu tidak hanya di bengkel saja tetapi perlu juga Anda rawat sendiri secara rutin dirumah. Semoga sedikit ulasan diatas memberikan tambahan informasi kepada Anda yang masih awam dengan perawatan mobil yang tepat.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Bingung Merawat Mobil yang Tepat Seperti Apa? Ini Cara Mudah dan Bisa Hemat Biaya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*