Berita Otomotif tentang Rio Haryanto

Berita otomotif Indonesia, khususnya yang berkisar seputar pertandingan F1 tentunya tak bisa dipisahkan dari sosok Rio Haryanto. Lelaki kelahiran Solo ini adalah pembalap pertama dari Indonesia yang berlaga di ajang dunia F1 bersama tim Manor Racing.

Untuk menjadi bagian dari tim Manor, Rio Haryanto harus membayar sejumlah biaya untuk musim 2016 sebesar 15 juta Euro atau Rp 218 Milyar. Namun, ketika musim balapan sudah dimulai, Rio baru bisa membayar ke Manor sejumlah 8 juta Euro. Selama masa cicilan ini, Rio pun kahirnya diijinkan untuk mengikuti balapan.

Akan tetapi ternyata performa Rio di F1 tak begitu bagus, karena seringkali gagal mencapai finish. Pada pertengahan musim, dari pihak Rio ternyata belum juga mampu membayar kekurangan pembayaran sejumlah 7 juta Euro atau sekitar Rp 101 Milyar. Hal ini pun membuat Rio Haryanto hanya sampai di GP Hungaria, atau hanya bisa membalap selama setengah musim saja.

Karena hingga pertengahan musim, pihak Rio belum juga bisa memberikan dana yang dibutuhkan, maka dari pihak manajemen Manor Racing pun memutuskan untuk mengakhiri kontrak Rio Haryanto.

Setelah kontrak Rio Haryanto terhenti, posisinya pun digantikan oleh pembalap Esteban Ocon yang akan menyelesaikan musim balap F1 tahun 2016 hingga akhir tahun.

Ada dua pilihan yang diberikan oleh Manor pada Rio Haryanto, yaitu Rio akan mundur dari tim Manor, atau bersedia untuk menjadi pembalap cadangan Manor Racing.  Karena memang belum mendapatkan pendanaan atau sponsor baru, akhirnya pihak Rio Haryanto pun bersedia untuk menjadi pembalap cadangan atau reserve driver dalam tim.

Baca Juga:3 Berita Otomotif Terkini Yang Layak Anda Baca Sekarang

Pada Oktober 2016, masih ada empat kali lagi jadwal pertandingan F1, yaitu di Amerika Serikat, di Meksiko, di Brazil, kemudian yang terakhir pertandingan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Meski belum tentu dapat kesempatan bertanding di empat ajang F1 tersebut, akan tetapi posisi Rio Haryanto masih membela tim Manor Racing meskipun hanya sebagai pembalap cadangan.

Hingga saat ini memang masih belum jelas bagaimana nasib Rio Haryanto dalam gelaran balap F1 selanjutnya pada musim 2017. Seperti yang dikabarkan dalam beberapa berita otomotif, Rio Haryanto sedang menjajaki kesempatan untuk bergabung dengan tim balap lainnya pada ajang Formula 1 tahun 2017.

Ibu dari Rio Haryanto, Indah Pennywati menyebutkan bahwa manajemen Rio Haryanto sedang melakukan penjajakan dengan dua hingga tiga tim agar Rio bisa kembali bertanding dalam balap F1 musim depan. Akan tetapi, Indah Pennywati belum mau menyebutkan tim apa saja yang sedang dijajaki oleh pihak Rio Haryanto.

Berita otomotif tentang Rio Haryanto yang berlaga di F1 memang banyak dicari oleh masyarakat dan penggemarnya, dan mereka masih menaruh harapan besar agar Rio dapat terus berlaga di F1 untuk dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Berita Otomotif tentang Rio Haryanto"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*