Berita Dunia Otomotif Motor: Biografi Marc Marquez

Marc Márquez Alentà lahir pada tanggal 17 Februari 1993 adalah pembalap Spanyol dan pembalap yang telah meraih tiga kali juara dunia MotoGP. Márquez bergabung dengan Honda sejak debut MotoGP pada tahun 2013. Dia adalah salah satu dari empat pembalap yang telah memenangkan gelar juara dunia di tiga kategori yang berbeda, setelah Mike Hailwood, Phil Baca dan Valentino Rossi. Dunia otomotif motor hampir sering memberitakan tentang liputan si baby alien ini.

Márquez memenangkan  125cc World Championship ini pada tahun 2010. Moto2 World Championship 2012 dan Kejuaraan Dunia MotoGP 2013, 2014 dan 2016. Márquez menjadi pembalap pertama sejak Kenny Roberts pada tahun 1978 untuk mencapai gelar kelas utama di musim pertamanya, dan termuda yang memenangkan gelar keseluruhan.  Dia mempertahankan gelar, memenangkan kejuaraan dengan tiga putaran pada tahun 2014. Dia adalah kakak dari juara dunia Moto3 2014 Alex Marquez.  Dunia otomotif motor khususnya ajang motogp menjadi lebih menarik dengan kehadiran sosok Marquez yang saat ini mampu menyaingi pembalap terkenal Yamaha, Valentino Rossi.

Lahir di Cervera, Catalonia, Spanyol, Márquez membuat debut kejuaraan pada tanggal 13 April 2008 di 125cc 2008 Grand Prix Portugal pada usia 15 tahun dan 56 hari. Dia adalah pembalap Spanyol termuda yang mengambil pole posisi atau podium di kejuaraan dunia balap motor. Márquez mencapai podium pertamanya pada tanggal 22 Juni 2008 di Grand Prix Inggris. Untuk tahun 2009, sebagai pabrik KTM pengendara, di Grand Prix Prancis meraih posisi pole pertamanya pada usia 16 tahun dan 89 hari. Dia juga mengambil pole untuk Grand Prix Spanyol 2010 tetapi pipa knalpot jatuh pada putaran pembukaan dan pergi di bawah roda belakang, menyebabkan Márquez jatuh dan melukai bahunya. Kemenangan pertama adalah pada tanggal 6 Juni 2010 di Mugello. kemenangan lebih lanjut di Silverstone, Assen dan Catalonia di tiga balapan berikutnya membuat Márquez pembalap termuda yang memenangkan empat balapan berturut-turut. Kemenangan kelima berturut-turut di Sachsenring adalah kemenangan ke-100 Derbi di Grand Prix balap, dan Márquez menjadi pembalap pertama sejak Valentino Rossi pada tahun 1997 untuk memenangkan lima balapan berturut-turut di balap 125cc.

Ia kurang sukses di balapan berikutnya, turun ke posisi ketiga dalam klasemen pada satu titik balik Nicolás Terol dan Pol Espargaró setelah terlibat dalam kecelakaan dengan Randy Krummenacher di tikungan pertama di Grand Prix Aragon. Empat kemenangan berturut-turut dari Motegi seterusnya pindah Márquez menjadi memimpin 17 poin atas Terol dengan hanya satu putaran untuk pergi. Di Estoril, lomba merah berbendera karena hujan dengan Márquez menjalankan kedua Terol. Ketika kembali ke grid untuk balapan kedua, Márquez jatuh di lap penampakan dan harus kembali ke pit. Dengan perbaikan, Márquez memulai di belakang lapangan setelah tidak berhasil keluar dari pit lane sebelum ditutup lima menit sebelum awal. Meskipun demikian, Márquez pulih untuk memenangkan perlombaan dan dengan demikian memperpanjang keunggulannya sebelum finale Valencia. Kemenangan kesepuluh musim ini pindah dia dalam satu mengikat rekor yang dibuat oleh Rossi pada tahun 1997. Dia akan jatuh pendek dari mengikat itu karena ia keempat di balapan terakhir di Valencia untuk menjadi yang kedua-termuda juara dunia setelah Loris Capirossi. Semoga seputar dunia otomotif motor kali ini bisa menambah wawasan Anda mengenai sosok marquez.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Berita Dunia Otomotif Motor: Biografi Marc Marquez"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*